INTERNET TERCEPAT

hsp internetAlangkah senangnya apabila dalam menjalankan akses internet, kita dengan mudah dan cepat mengakses suatu data apakah itu data berupa dokummen tulisan, gambar atau video. Dengan internet cepat kita dengan mudahnya meng-download beberapa aplikasi komputer yang kita perlukan untuk menunjang pekerjaan kita, atau aplikasi berupa hiburan seperti beberapa game dengan resolusi tinggi, atau kita bahkan bisa dengan mudahnya mengakses sekitar 500 siaran tv didunia dengan live streamingnya. Kalau anda mengimpikan hal-hal seperti terserbut diatas, hal itu sudah terlaksana di beberapa negara yang sudah mempunyai kecepatan internet yang sudah bisa melakukan hal-hal tersebut diatas tadi. Mungkin selama ini kita berpikir bahwa negara yang sudah maju seperti negara negara maju di Eropa yaitu Inggris, Jerman Perancis, Italy atau dinegara benua Amerika seperti Amerika serikat dan Kanada , yang termasuk negara yang sudah maju dalam berbagai bidang terutama bidang informasi tehnogi , sudah pasti negara negara ini merupakan kampiun dibidang kecepatan internet . Ternyata tidak ,negara-negara yang mempunyai akses internet tercepat berada di benua asia khususnya negara-negara Asia timur Seperti Korea Selatan, Jepang dan Hongkong . Tiga negara inilah merupakan tercepat yang menurut hasil survey adalah yang menduduki peringkat 1,2 dan 3 yang merupakan negara dengan akses internet tercepat. Negara negara maju dari benua Eropa dam Amerika yang disebut diatas hanya Amerika serikat yang termasuk dalam 10 negara internet tercepat , dan itupun menduduki urutan ke 9, sedang yang lainnya tidak termasuk 10 negara dengan akses internet tercepat.
10 NEGARA INTERNET TERCEPAT.
Riset terbaru mengenai kecepatan internet negara-negara di dunia kembali dirilis oleh Akamai. Akamai adalah sebuah perusahaan perusahaan internet content delivery yang menganalisis kecepatan internet dengan tool tertentu.Laporan terbaru ini dikumpulkan dari April sampai Juni 2013. Akamai menyatakan kecepatan internet global rata-rata menapai 3,1 Mbps, naik 17% dari tahun lalu.Lalu, negara mana saja yang menempati posisi 10 besar koneksi internet rata-rata paling kencang? Berikut daftar terbarunya berdasarkan riset Akamai.
1. Korea Selatan
Korea Selatan belum juga tergoyahkan sebagai negara dengan koneksi internet paling ngebut di dunia. Negeri Ginseng ini mencatat kecepatan koneksi rata-rata 14,2Mbps.
Sayangnya, kecepatan koneksi internet di Korsel menurun cukup dratis. Dengan persentase penurunan 10% dibandingkan tahun lalu.
2. Jepang
Jepang berhasil menempati posisi runner up negara dengan koneksi internet terkencang. Negeri Sakura ini mencatat kecepatan koneksi rata-rata 11,7Mbps. Kecepatan internet di Jepang naik sedikit, sebesar 6,8% dari catatan tahun lalu.
3. Hong Kong
Hong Kong memang bagian dari China, namun seringkali dipisahkan karena memang cukup independen. Negara ini punya internet kencang dengan kecepatan rata-rata 10,9Mbps. Hong Kong berhasil meningkatkan kecepatan internetnya sebesar 16% dari periode yang sama tahun sebelumnya.
4. Swiss
Swiss menjadi negara di Eropa dengan koneksi internet yang paling ngebut. Negara yang terkenal dengan industri jamnya itu memiliki koneksi internet rata-rata 10,1Mbps.
Swiss berhasil meningkatkan kecepatan koneksi sebesar 24% dibandingkan tahun lalu.akamai_q1_2013
5. Belanda
Belanda juga tidak mau kalah untuk urusan koneksi internet kencang. Negara yang pernah menjajah Indonesia ini menurut riset Akamai memiliki koneksi internet rata-rata 9,9Mbps
Belanda berhasil meningkatkan kecepatan koneksinya sebesar 12% dari periode yang sama tahun lalu.
6. LATVIA
Latvia unjuk gigi sebagai salah satu negara Eropa yang punya kualitas internet mumpuni. Dengan kecepatan internet rata-rata 9,8Mbps.Latvia behasil meningkatkan kecepatan koneksi internet sebesar 12% dari raihan periode tahun sebelumnya.
7. Republik Ceko
Untuk urusan koneksi internet, Republik Ceko boleh berbangga karena termasuk yang tercepat di dunia. Dengan kecepatan koneksi internet rata-rata 9,6Mbps. Negara di Eropa Timur ini berhasil meningkatkan kecepatan koneksinya sebesar 34% dari periode setahun sebelumnya.
8. Swedia
Negara yang bertetangga dengan Denmark ini juga memiliki koneksi internet yang bisa diandalkan. Kecepatan rata-rata koneksi di sana mencapai 8,9Mbps.Kecepatan koneksi internet di Swedia naik cukup drastis dari catatan tahun lalu, sebesar 32%.
9. Amerika Serikat
Amerika Serikat masuk ke posisi 9 negara dengan kecepatan rata-rata internet tercepat. Negeri Paman Sam memiliki kecepatan koneksi 8,6Mbps. AS berhasil meningkatkan kecepatan koneksinya sebesar 27% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2012
10. Denmark
Negara yang terletak di wilayah Skandinavia ini berhasil menempati posisi ke sepuluh. Dengan kecepatan internet rata-rata mencapai 8,2Mbps.
Denmark berhasil meningkatkan kecepatan internetnya sebesar 17% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Internet Korea selatankorea-internet-speed

Negara ginseng yang merupakan asal dari boy band dan girlband terkenal di Asia ini (Super Junior dan Girl generation) tidak henti- hentinya berinovasi di berbagai bidang baik dari bidang otomotif, elektronik sampai dengan musik,terutama dibidang tenologi informasi. Saat ini ada dua merek dagang dari negara ini yang menjuarai penjualan smartphone didunia yakni Samsung dan LG.
Dibidang internetan,Korea Selatan hampir selalu menempati posisi tertinggi negara dengan koneksi internet tercepat. Seperti dalam sebuah penelitian terbaru oleh Akamai, Korsel dinobatkan punya internet rata-rata terkencang, 14,2 Mbps. Apa rahasia mereka?
Salah satunya adalah perencanaan yang benar-benar matang. Sejak tahun 1990-an, Korea Selatan sudah memprioritaskan perkembangan internet untuk memajukan negaranya.
“Perbedaan besarnya adalah Korea melakukan gerakan besar untuk mengekspansi internet di negara itu. Mereka ingin menjadi sangat bagus soal internet. Banyak uang pemerintahan diberikan untuk pengembangannya,” kata Taylor Reynolds, ekonom di lembaga OECD.
Faktor yang lain adalah kepadatan populasi di Korea Selatan. Banyaknya populasi penduduk di satu tempat memudahkan pembangunan infrastruktur internet yang punya koneksi cepat sekaligus lebih murah biayanya.
Menurut OECD, 94% masyarakat di Korea Selatan punya internet koneksi cepat. Hal ini dipicu pemerintah setempat yang mendorong waraganya mempunyai komputer dan internet, dengan memberikan subsidi harga koneksi pada warga berpendapatan rendah.
Ditunjang lagi oleh kesadaran warga Korsel. Menurut Rob Atkinson selaku presiden Information Technology & Innovation Foundation, orang tua di Korsel sangat mementingkan pendidikan bagi anak-anaknya. Keberadaan internet dengan koneksi cepat pun dipandang sebagai sebuah kebutuhan agar anak-anak mereka lebih cerdas. “Korsel telah memprioritaskan internet sejak 10 tahun lampau dan mereka sungguh-sungguh mengeksekusinya,” ucap Artkinson yang disampaikan saat diwawancarai oleh jaringan tv berita internasional, CNN, belum lama ini .

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s