Mobil tanpa sopir (Google self Driving Car)

Google's_Lexus_RX_450h_Self-Driving_CarMungkin anda pernah menononton film James Bond 007 yang berjudul Tomorrow never dies yang diperankan oleh aktor gagah Pierce Brosnan, dimana dalam satu scene ada adengan, dalam usaha menyelamatkan diri dari sergapan musuh dia mengendalikan mobil hanya tanpa berada dalam mobil hanya dengan handphone Nokia 9550 dan mobil dapat berjalan sediri tanpa dikendalikan oleh seorang sopir atau kita salah satu pengemar film seri yang sangat populer pada tahun 80-an yang berjudul “Knight Rider” yang di bintangi David Hasselhof, dimana dalam film seri tersebut ada sebuah mobil yang di beri nama “Kitt”,mobil ini bukan hanya bisa berjalan sendiri atau tanpa dikendari seorang sopir bahkan bisa berkounikasi secara verbal dengan pemiliknya.
Mungkin suatu saat nanti anda akan tidak kaget lagi melihat seorang penyandang cacat penglihatan (tuna netra) turun dari kendaraan dari kursi sopir datang berbelanja disuatu mini market dan kembali menaiki lagi mobilnya dan mobil berjalan dengan sempurna meninggalkan mini market layaknya seorang pengendara yang normal penglihatannya.Google-self-driving-car1
Kalau 30 tahun lalu atau 20 tahun lalu mobil berjalan tanpa dikendalikan manusia itu baru kita lihat dalam beberapa film (Masih khayalan), tapi akhir tahun 2013 ini , itu sudah jadi kenyataan. Adalah Google dengan tim insinyurnya yang dipimpin oleh seorang jenius yang bernama Sebastian Thrun, merancang suatu mobil yang bisa berjalan tanpa dikendalikan oleh manusia (sopir). Thrun dan timnya modifikasi toyota Prius dengan menambahkan beberapa alat canggih yang bisa di program layaknya sebuah komputer mobil atau robot mobil yang bisa berjalan tanpa dikendalikan manusia. Menurut kabar perusahan mobil yang sudah cukup ternama yaitu Nissan akan memproduksi secara masal mobil tanpa sopir ini, karena perusahaan pembuat mobil ini sudah berhasil dan sukses memproduksi dan memasarkan secara masal mobil listriknya Nissan Leaf.
Mobil tanpa sopir ini adalah proyek yang dlikaksanakan dan dipimpin oleh insinyur Google yang bernama Sebastian Thrun, direktur Stanford Artificial Intelligence Laboratory yang merupakan -penemu tehnologi Google Street View. Tim dari Sebastian Thrun yang ada di Stanford menciptakan robot kendaraan Stanley merupakan pemenang DARPA Grand Challenge 2005 dan meraih hadiah sebesar US $ 2 juta dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Tim Sebastian Thrun ini terdiri dari 15 insinyur yang bekerja untuk pengembangan sistem untuk Google, termasuk Chris Urmson, Mike Montemerlo, dan Anthony Levandowski yang telah lama bekerja di DARPA. sebastian thrun
Untuk saat ini Negara bagian Nevada telah mengeluarkan peraturan yang memungkinkan pengoperasian mobil tanpa sopir secara legal untuk dijalan jalan dinegara bagian tersebut. Google telah melobi Departemen Kendaraan Bermotor Nevada dan telah mengeluarkan lisensi pertama untuk sebuah mobil tanpa sopir pada Mei 2012 tahun lalu. Ijin tersebut diberikan untuk Toyota Prius yang dimodifikasi dengan teknologi driverless eksperimental Google. Pada April 2012, Florida menjadi negara kedua untuk memungkinkan pengujian mobil tanpa sopir di jalan umum. California menjadi negara ketiga untuk melegalkan penggunaan mobil tanpa sopir dengan tujuan pengujian pada bulan September 2012 ketika Gubernur Jerry Brown menandatangani RUU tersebut menjadi UU di Google HQ di Mountain View .
Tim proyek google “self drive car” ini telah melengkapi tehonologi tersebut pada sepuluh kendaraan, yang terdiri dari enam Toyota Prius, Audi TT, dan tiga Lexus RX450h, masing-masing telah dilengkapi dengan kursi untuk para penyandang cacat. Mobil yang dilengkapi tehnologi ini telah di uji melalui San Fransisco Lombard Street, yang terkenal dengan belokan yang tajam serta curam dan telah diuji-cobakan melalui lalu lintas kota yang padat kendaran.http://www.youtube.com/watch?v=cdgQpa1pUUE
Pada tanggal 28 Maret 2012, Google memposting sebuah video YouTube menunjukkan Steve Mahan, yang seorang tuna netra dari Morgan Hill California manaiki mobil Toyota Prius. Dalam video tersebut, Mahan duduk pada posisi kursi pengemudi yang mana Sembilan puluh lima persen penglihatannya sudah hilang. Dalam deskripsi dari video YouTube, diketahui bahwa route diprogram membawanya dari rumahnya ke sebuah restoran drive-through, kemudian ke toko dry cleaning, dan akhirnya kembali ke rumah. Dan dia melaluinya dengan selamat karena mobil tersebut sudah diprogram untuk berjalan sendiri tanpa harus dijkendalikan oleh Steve Mahan yang adalah tuna netra .
Pada bulan Agustus 2012, tim dari google ini mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan lebih dari 300.000 km uji coba mobil yang tidak dikendalikan oleh seorang pengendara (sopir) dan sukses tanpa satu kalipun mengalami kecelakaan. Jadi mungkin tahun depan kita sudah bisa menyaksikan akan ada kendaraan yang lalu lalang di jalanan tanpa diukendalikan oleh sorang pengendara didalamnya. Atau miungkin tahun 2020 nanti kita akan menaiki taksi dengan kita bisa memprogram sendiri tempat tujuan kita tanpa harus mengunakan jasa sopir. Who knows?.(jm)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s