PERSAINGAN OS SMARTPHONE

bf9c79bbbbc5d46e19d84ce39c730ec4
iOS, Android, Windows Phone, dan BlackBerry merupakan sistem operasi ponsel yang sedang berkembang saat ini. Masing-masing platform tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya, sehingga banyak pengguna bisa memilih dan menentukan sistem operasi sesuai yang mereka butuhkan.
Mungkin banyak dari Anda yang memilih platform yang terbaru, sedangkan tidak sedikit juga yang lebih memilih platform yang sudah lama eksis sehingga lebih mudah mencari aplikasi atau komunitas yang sama yang menggunakannya.
Pada iOS, tercatat memiliki kekuatan dari kemampuan integrasi yang baik dari ekosistemnya. Selain interface yang sangat intuitif, platform ini juga memiliki aplikasi menarik yang banyak tersedia di Apps Store. Namun sayangnya mayoritas konten aplikasi iOS ini berbayar.
Android mungkin merupakan platform yang sedang digemari saat ini, dimana penetrasinya sekarang ini diketahui sangat pesat. Sistem operasi ini dilaporkan paling mudah dikustomisasi, sehingga banyak produsen atau operator menambahkan fitur khususnya.
Aspek kustomisasi di Android memang bisa menjadikan ponsel lebih baik atau lebih cepat, tapi hal ini terkadang menyebabkan hadirnya update OS menjadi lebih lambat. Bahkan terkadang, dengan jejalan kustomisasi di sisi antarmuka (interface) malah navigasi menjadi tak mudah.
Namun untuk dukungan konten aplikasi, platform/sistem operasi Android memiliki jumlah yang terbanyak di Google Play. Memang di toko aplikasi Android tersebut ada aplikasi berbayar, cuma jumlah aplikasi gratisannya terhitung sangat jauh lebih banyak. Sayang, terkait platform-nya yang open source, Android banyak diguncang isu tak sedap di sisi keamanan data dan infeksi malware.895ec42a79cf3b39aa485e12293b719d
Kemudian ada platform Windows Phone, yang saat ini di versi Windows Phone 8. Tampilan interface-nya elegan, tapi sederhana nan menarik. Mengingat ekosistemnya masih baru, maka jumlah aplikasi untuk sistem operasi ini pun masih sangat terbatas. Alhasil, menjadi kelemahan bagi pengguna yang ‘gila’ aplikasi.
Platform mobile selanjutnya yakni BlackBerry 10, yang baru diluncurkan pada 30 Januari lalu. Platform ini mencoba mengambil hati para pengguna dan penggila fitur komunikasi, fungsi e-mail yang mumpuni, dan fitur keamanan. Meski pada OS Blackberry 10 sisi interface disebutkan sudah dibuat lebih nyaman, namun navigasi yang berbasis gesture miliknya bukanlah yang paling intuitif. Juga, pada platform Blackberry 10 bisa dibilang tak memiliki fitur ‘pembunuh’, yang mampu menarik pengguna platform lain beralih ke platfotm ini.
Nah, sebelum Anda mulai memilih OS Anda, ada beberapa hal yang perlu diingat. Khususnya pada ponsel Android, dimana Anda harus berpikir tentang versi OS dan tingkat kustomisasi software tambahan. Ponsel Android diketahui hadir dengan terbagi dalam beberapa segmen pasar. Operator dan produsen pun bisa menambahkan software tambahan khas mereka, yang berimbas kepada smartphone Android tersebut hanya dapat menggunakan versi tertentu dari OS milik Google ini semisal v4.0 Ice Cream Sandwich saja.
Sehingga pada saat firmware update muncul, si operator atau vendor tidak akan meluncurkan updatenya, dikarenakan software tambahan mereka tidak kompatibel dengan versi OS Android terbaru.

Ini berbeda di ponsel Windows Phone 7, dimana akan dilihat kemajuan software-nya. Dengan Windows Phone 8, Anda tak hanya akan menerima update OS, tetapi juga akan mendapatkan ponsel dengan prosesor yang lebih cepat dan layar yang lebih jernih dan tajam.
Sementara, pada perangkat IOS tercatat memiliki keuntungan saat menerima upgrade OS pada waktu yang sama. Dan, OS terbaru biasanya tersedia untuk beberapa perangkat. iOS 6, misalnya, yang akan bekerja pada iPhone 5 iPhone 4S, iPhone 4 dan 3Gs. Dan, di sini tidak ada untuk iPhone 3G atau sebelumnya.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s