Virus pada OS Android

Kalau anda bertanya apakah operasi sistem yang paling populer atau yang paling banyak digunakan oleh vendor smartphone sejagat raya ini, jawawabannya ya sudah pasti Android.Kenapa? karena menurut hasil survey dari lembaga survey internasional Nielsen, menyatakan bahwa Os android sudah hampir mencapai lebih dari 110 juta pengguna dengan prosentase mencapai 43% yang jauh meninggalkan iOS yang digunakan oleh Aple i-Phone yang hanya mencapai 28% atau oleh RIM Blackberry dengan Os BB yang hanya mengambil 18 % pemakai, atau OS Windows mobil untuk windows smartphone yang hanya mendapapat bagian 7%, dan yang paling kecil adalah OS sembyan yang biasa digunakan smartphone Nokia hanya kebagian 4% pengguna smart phone diseluruh dunia.
Namun bagi anda pengguna smartphone Android ini jangan senang dulu, karena sudah bermunculan virus -virus yang akan menggangu kenyamanan anda sebagai pengguna smartphone android.
Berikut penulis mencoba menguraikan beberapa virus penggangu Os android ini terutama ada 5 besar Virus Android yang Paling Sering Menyerang atau paling sering ditemukan para pemakai Os Android.

Sampai saat ini sudah ada 5 Jenis Virus Android yang Paling Sering Menyerang – Sebagai sebuah OS yang menggunakan bahasa pemrograman Linux, Android juga tidak terlepas dai ancaman virus dan malware. Seiring semakin berkembangnya OS Android virus yang menyerang operating system buatan Google ini juga semakin bervariasi. Sebuah perusahaan antivirus yang mengeluarkan aplikasi antivirus untuk platform Android, Sophos, mengemukakan sebuah penemuan tentang malware Android. Sophos telah merekap semua data yang mereka peroleh dari aplikasi produk antivirus mereka yang terpasang pada perangkat Android di 118 negara di dunia. Dari hasil rekap data yang masuk tersebut Sophos mengemukakan 5 macam malware yang paling banyak menyerang perangkat Android di 118 negara tersebut. Apa saja kelima macam malware itu? Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Andr/PJApps-C.
Virus ini termasuk kedalam tipe Trojan. Ketika antivirus Sophos mendeteksi sebuah aplikasi terkena malware ini, berarti aplikasi tersebut telah di-crack menggunakan tool cracker yang tersedia secara umum. Malware jenis ini tidak terlalu berbahaya.

2. Andr/BBridge-A.
Virus ini termasuk kedalam kelompok Trojan. Juga dikenal sebagai BaseBridge. Virus ini menggunakan previlege escalation untuk menyusup kedalam sistem dan kemudian meng-install aplikasi berbahaya kedalam perangkat Android. Malware ini mengunakan protokol HTTP untuk berhubungan dengan pusat server dan kemudian mengirimkan informasi berharga yang terdapat pada perangkat Android yang diserangnya. Bahayanya lagi malware ini bisa mengirim dan membaca SMS. Malware ini akan men-scan SMS yang masuk dan menghilangkan peringatan bahwa kita telah dikenakan biaya pengunaan SMS premium.

3. Andr/BatteryD-A.
Malware ini juga termasuk Trojan memiliki nama lain Trojan.AndroidOS.FakeDoc.b. Malware ini kan membuat aplikasi “Battery Doctor” yang memberitahukan bahwa aplikasi ini akan menghemat penggunaan baterai pada perangkat Android yang diserangnya. Akan tetapi sebenarnya aplikasi ini akan mengirimkan informasi mengenai perangkat Android yang diserangnya dan mengirimnya ke server pusat mengunakan HTTP. Malware ini juga menyebabkan munculnya banyak iklan saat membuka aplikasi.

4. Andr/Generic-S.
Malware ini termasuk dalam kategori Malicious behavior. Malware ini juga memiliki kemampuan untuk mengirimkan SMS premium tanpa sepengetahuan pemilik perangkat Android yang diserangnnya.

5. Andr/DrSheep-A.
Malware ini termasuk dalam kategori Trojan. Malware ini memiliki kemampuan untuk mengbajak (hack) akun Twitter, Facebook, dan LinkedIn yang aktif pada perangkta Android yang diserangnya. Malware ini memiliki nama lain HackTool.AndroidOS.DroidSheep.a

Sebagai pengguna Android kita harus lebih waspada terhadap file-file yang mencurigakan yang muncul secara tiba-tiba di dalam memori perangkat Android kita. Sebagai tindak pencegahan alangkah baiknya kita memiliki aplikasi antivirus untuk mencegah serangan dari malware-malware yang bisa datang dari mana saja. .(jm)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s