BATU EMPEDU (GALLSTONE)

Pada saat tulisan ini dibuat, diberitakan diberbagai media masa bahwa Ibu Negara, yang kita kenal dengan panggilan Ibu Ani Yudhoyono telah berhasil melaksanakan operasi pengangkatan batu empedu dalam empedunya. Dan saat ini menurut tim dokter kepresidenan, Ibu Negara sudah memasuki masa pemulihan dan butuh istirahat dua atau tiga hari kedepan.
Mungkin bagi sebagian orang jarang mendengar kasus operasi pengangkatan batu empedu, yang mungkin sering kita dengar adalah operasi pengangkatan batu ginjal atau batu kandung kemih.
Sebenarnya apa itu batu empedu dan bagaimana proses terjadinya serta apa penyebabnya?.

Batu empedu adalah merupakan akibat dari proses penimbunan kristal dadalam kandung empedu (kolelitasia) atau disaluran empedu (koedokolitiasis). Kasus batu empedu umumnya banyak ditemukan pada wanita, dan penyebabnya adalah faktor usia lanjut, obesitas, banyak mengkomsunsi makanan berlemak tinggi, serta faktor keturunan. Komponen utama batu empedu adalah kolesterol dan isi dari empedu berbentuk cairan yang banyak mengandung kolesterol, dan apabila kolesterol dalam cairan empedu menjadi jenuh maka kolesterol tersebut akan mengeras dan membentuk kristal dan akan terjadi endapan.
Sebagian batu empedu terbentuk dalam kantung empedu dan kemudian akan menyebar ke dalam saluran empedu, sehingga akan menyumbat saluran tersebut sehingga akan terjadi penyempitan saluran empedu.
Batu empedu yang terendapa saluran empedu akan menyebabkan enfeksi berat dalam saluran empedu (kolangitis),disamping itu bisa terjadi infeksi panktreas (pankreatitis) atau infeksi hati.
Apabila saluran empedu tersumbat amak akan bisa terjadi pertumbuhan bakteri sehingga dapat menyebabkan infeksi pada saluran empedu serta pada bagian tubuh lainnya.
Memang dalam waktu tertentu jika seseorang dalam empedunya terakumulasi batu empedu belum langsung merasakan gejala apa- apa, tapi apabila batu empedu ini menyebar pada saluran empedu kemudian menyumbat saluran tersebut baru penderita akan merasa nyeri, dan nyerinya pun akan cenderung hilang-timbul.
Namun apabila rasa nyeri ini diabaikan, maka rasa nyerinya akan lebih terasa sakitnya terutama dibagian perut atas sebelah kanan, dan akan menjalar kebagian bahu sebelah kanan, kemudian akan di ikuti rasa mual dan bisa menyebabkan penderita akan muntah muntah, kemudian menggigil dan demam, serta puncaknya akan menderita penyakit kuning (jaundice).
Untuk mengetahui apakah seseorang menderita endapan batu empedu baik dalam kantong empedu, maupun dalam saluran empedu dapat didiagnosa dengan beberapa cara seperti: USG, CT Scan, serta foto rontgen dengan emnggunakan zat kontras radioopak.
Untuk mengcegah agar supaya kita tidak terkena emdapan batu empedu dalam kantung dan saluran empedu, kita harus menghindari atau paling tidak mengurangi makanan yang banyak mengandung kolesterol tinggi seperti lemak yang terkandung dalam daging hewani.
Dan apabila kita sudah terkena endapan batu empedu jalan keluarnya kita bisa obati dengan beberapa obat herbal atau obat dokter yang sering digunkan seperti URSODIOL, atau dengan jalan operasi, seperti yang dilakukan Ibu Negara kita. (jm).

3 Komentar

  1. Heya i am for the first time here. I came across this
    board and I find It truly useful & it helped me out much. I hope to give
    something back and help others like you helped me.

  2. I do agree with all the ideas you have offered in your post.
    They’re really convincing and will certainly work. Nonetheless, the posts are very quick for starters. May you please prolong them a little from next time? Thanks for the post.

  3. Thanks for sharing your thoughts. I really appreciate your efforts and I will
    be waiting for your further write ups thank you once again.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s