‘THE HIT MAN’ DAVID FOSTER.

Semalam (28 Oktober 2011)ada mega konser dari produser sekaligus komposer yang sudah melegenda asal amerika yang bertajuk “”Hitman David Foster and Friends Asia Tour 2011″ di Jakarta Convention Center.
David Foster adalah, produser, penulis lagu, pembawa acara TV, eksekutif sekaligus pendiri dan pemilik perusahaan rekaman . Dia juga seorang seniman besar yang mengembangkan bakat beberapa penyanyi yang bernama besar seperti Celine Dion, Barbra Streisand, Whitney Houston, Andrea Bocelli, Chicago, Michael Bublé, Madonna, Michael Jackson, Josh Groban, Earth Wind & Fire, N’Sync, The Corrs, Natalie Cole, Kenny Loggins, Kenny Rogers, Chaka Khan, All 4 One, Michael Bolton, Brandy dan beberapa penyanyi yang ternama lainnya.
Dia dijuluki “The Hit Man” karena dia menulis dan memproduksi sejumlah lagu yang menjadi hits didunia sepanjang empat dekade terakhir. Dalam masa karir pada industri musik dia sudah memperoleh 15 kali Grammy Award dan tiga kali nominasi Oscar .Foster kini dicatat sebagai legenda hidup di industri musik dunia. Dibeberapa konser besar yang bertajuk “The Hit Man Returns: David Foster and Friends” Dia meraih sukses besar sehingga tiket konser sudah ‘sold out” (terjual habis) beberapa hari sebelum hari pertunjukanya termasuk di Jakarta. Bahkan di situs resminya dia meminta maaf kepada masyarakat indonesia , khususnya Jakarta yang tidak bisa menonton konsernya dijakarta, karena tidak kebagian tiket. Dalam tiap pertunjukan konsernya, Foster selalu melibatkan penyanyi yang sudah terkenal seperti Seal, Donna Summer, Martina McBride, michel buble, Earth Wind & Fire, Michael Bolton, Jackie Evancho, Chaka Khan dan banyak lagi. Bahkan beberapa konsernya dinegara asia dia juga melibatkan artis penyanyi lokal, seperti konser pada era tahu 90-an, diJakarta Foster pernah melibatkan Ruth Sahanaya,Utha likumahuwa dll. Untuk konser kali ini di Jakarta David Foster melibatkan dua remaja putri yaitu, Zaneta Naomi dan Putri Ayu. Putri Ayu adalah finalis acara pencarian bakat di salah satu stasiun televisi swasta Indonesia itu membawakan lagu “Con te partiro (Time to Say Goodbye)” yang kali pertama dinyanyikan oleh Andrea Bocelli . Dan Naomi Zaneta yang cukup memukau saat menyanyikan lagu “Listen”. David Foster cukup terpesona dan memuji , remaja 13 tahun itu ternyata memiliki suara luar biasa. “Mungkin saya harus membawamu pulang,” Kata David Foster berkelakar.
David Foster memasuki bisnis musik pada tahun 1973 sebagai anggota Skylark dan langsung berhasil mencetak sepuluh lagu yang mencapai hit dan ikut mengangkat nama penyanyi seperti Neil Sedaka, Lynyrd Skynyrd, Paul Anka, Diana Ross, George Harrison, Dolly “Wildflower.” Parton, Sonny & Cher dan Rod Stewart. Pada 70-an, ia menulis dan memproduksi beberapa lagu yang menjadi hit pada wakti itu termasuk lagu yang dinyanyikan group Earth, Wind & Fire yang pertama kali mendapat Grammy. Disamping itu Ia juga memproduksi album Hall & Oates, Alice Cooper dan Deniece Williams.
Pada tahun 1980-an, ia menulis dan memproduksi lagu single untuk group Chicago yang berjudul “Hard to say I’m sorry,” dan lagu “The Glory of Love,” (Peter Catera) dan “Man in Motion” Yohanes Parr (St Elmo Fire) bersama dengan Chicago “16”, “17” dan “18” album. Ia juga menghasilkan lagu-lagu pada multi-platinum soundtrack termasuk “Ghostbusters,” “Urban Cowboy”, “Footloose”, ” St Elmo Fire” dan penjualan album teratas untuk hit Broadway “Dreamgirls” . Bebera lagu yabg diproduksi lainnya pada era. 80-an, termasuk hits untuk Al Jarreau, Dionne Warwick, Neil Diamond, The Tabung, Lee Ritenour, Barbra Streisand, Peter Allen, DeBarge, Anne Murray, Jennifer Holliday, Paul Anka, Chaka Khan, Kenny Rogers, Kenny Loggins, Boz Scaggs dan Olivia Newton -Yohanes. Dia juga menemani dan mengatur top hits Michael Jackson, Patti Austin & James Ingram, Michael McDonald Patti Labelle & dan mencetak Grammy untuk karyanya dengan Chicago, “Dreamgirls” dan Barbra Streisand.
Setelah beristirahat sesaat, Foster tkembali memproduksi hit teratas untuk Celine Dion “The Power of Love,” “KareBecause you Loved Me” dan “My self T, unforgetable, ” Natalie Cole “,” “I Swear,” All 4 one. Toni Braxton itu “Unbreak My Heart,” Madonna “You wil see,” Michael Jackson “Earth Song,” duet Barbra Streisand dengan Bryan Adams “Finnally I found some one” dan “Musik of My Heart” oleh Gloria Estefan dengan N’Sync. Ia juga produksi lagu untuk Barbara Streisand i “Back to Broadway” Album, “Eternely (The Classics),” Michael Bolton Whitney Houston “I Will always Love You,” “I Have Nothing” dan “Run To You” untuk “soundtrack” Bodyguard. Dia menciptakan 143 Rekor dalam kemitraan dengan Warner Bros / Reprise dan mulai merekrut daftar mengesankan bakat menyanyi termasuk kelompok Irlandia The Corrs yang menjual 30 juta rekaman di seluruh dunia dan meraih beberapa kalik GrammyAward untuk karyanya dengan Natalie Cole, Celine Dion dan Whitney Houston.
Pindah ke abad ke-21, Foster memproduksi album untuk Josh Groban yang CD telah terjual lebih dari 20 juta eksemplar. Dia juga memproduksi album sensasional untuk penyanyi asal Kanada dan pemenang Grammy Michael Bublé yang berhasil menjual lebih dari 25 juta CD di seluruh dunia. Pada tahun 2007, Foster-diproduksi album natal untuk Josh Groban “Noel” yang berhasil terjual lebih dari 3,7 juta kopi dan menjadi penjualan CD terbesar tahun itu. Foster juga memproduksi lagu untuk penyanyi seriosa asal Itali, Andrea Bocelli itu “Amore” dan “under desert sky” DVD / CD dan CD debutnya Renee Olstead , yang terjual 400.000 eksemplar. Dia juga memproduksi dan menulis lagu yang menjadi pemenang Golden Globe “Prayer” untuk Celine Dion dan Andrea Bocelli, serta untuk Nicole Kidman dan Ewan McGregor pada sound track”Rouge Moulin” dan multi-platinum untuk Celine Dion “Miracle. ”
Pada tahun 2009, Foster memenangkan kembali Grammy untuk karyanya dengan Michael Bublé serta pada tahun 2010 dengan penyanyi negro asal inggris, Seal dengan lagu “Soul.”.Pada 2011, menurut rumor ia akan memproduksi lagu untuk seorang penyanyi remaja putri Indonesia”, semoga (jm)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s