YANG GAMPANG BELUM TENTU BAIK

Jika ada orang tua menginginkan atau mendoakan anaknya diberikan kesusahaan atau kesulitan dikehidupannya kelak, mungkin kita mempertanyakan kesehatan jiwa orang tua tersebut. Namun sangat wajar dan sudah seharusnya apabila ada orang tua mendoakan anaknya mendapat perlindungan dan kemudahan dalam hidupnya serta kelimpahan berkat. Bisa dipastikan semua orang yang waras di dunia ini akan setuju dan sepakat dengan hal tersebut. Tidak ada satu pun orang tua yang baik menginginkan anak selalu mendapat kesulitan dan hidup susah. Namun adakalanya kita sering lupa bahwa, kemudahan fasilitas, dapat membuat orang kehilangan daya juang dalam menghadapi dunia nyata dengan segala tantangan serta kesulitannya.
Andaikan kita seorang petani yang diberikan bibit pohon untuk ditanam dengan tujuan untuk penghijaun dikemudian hari, dan kita disuruh memilih untuk menanamnya di dilahan yang subur dan gembur atau di tanah yang kering dan bebatuan yang perlu tenaga extra untuk menyiram dan merawatnya, hampir pasti kita memilih tanah yang subur dan gembur yang tidak akan menemui kesulitan untuk merawatnya. Lain halnya kalau kita tanam di tanah yang keras, kering dan berbatu, kita akan menemui kesulitan untuk mengerjakannya, dan mengusahakan serta merawatnya. Namun apabila pohon-pohon yang kita tanam itu tumbuh menjadi pohon yang besar dan rindang, setelah datang angin dan badai akan tegar kokoh berdiri, karena akarnnya akan tertanam dan tertancam dengan kuat ditanah keras dan berbatu. Sebaliknya pohon-pohon yang tumbuh di tanah yang gembur akan mudah tumbang apabila datang angin topan dan badai, karena akarnya tidak mampu menahan karena tertancap di tanah yang gempur dan lembek, sehingga tidak mampu menahan gempuran angin topan dan badai.
Jendral Douglas Mc Arthur adalah seorang panglima perang tentara Amerikat serikat yang mampu menghakhiri perang dunia II. Jendral Mc Arthur pernah mengatakan bahwa, hal yang membuat orang berhasil dalam hidupnya, bukan karena di berikan berbagai kemudahan, tetapi karena memiliki keberanian, keuletan, disiplin, dan kejujuran dalam menghadapi tantangan. Maka Mc Arthur pernah mendoakan anaknya yang berbunyi sebagai berikut;”Ya Tuhan saya mohon supaya anak saya jangan di bawa kejalan yang mudah dan lunak, melainkan bawalah dia kejalan yang penuh desakan, kesulitan dan tantangan, serta didiklah anak saya menjadi manusia yang ulet dan mampu berdiri diatas badai. Bentuk lah dia sebagai seorang yang mempunyai hati yang jernih, yang cita-citanya luhur, serta sanggup memimpin dirinya sendiri sebelum sanggup memimpin orang lain. Dengan demikian sebagai ayah, saya akan berani berkata bahwa hidup saya tidaklah sia-sia. Amin”
Adakalanya kita lupa bahwa bahwa Tuhan pencipta kita tidak ingin kita memiliki iman serta daya juang yang lemah makanya kesulitan dan kesusahan merupakan sebagian dari rancangan Tuhan yang diberikan dalam kehidupan kita agar supaya kita dapat belajar untuk lebih tangguh dalam mengarungi kehidupan kita. Kesulitan dan cobaan hidup akan membuat daya juang kita lebih kuat dan akan iman kita akan semakin besar. Daya juang seorang yang beriman yang kuat seperti digambarkan dalam Alkitab, Yeremia 18:4 “Apabila bejana, yang dibuatnya dari tanah liat di tangannya itu rusak, maka tukang periuk itu mengerjakannya kembali menjadi bejana lain menurut apa yang baik pada pandangannya.”
Demikian pula Tuhan Jesus mengajarkan kedua belas muridnya, memerlukan tingkat kesabaran dan daya juang yang tinggi. Sebagai contoh Tuhan Yesus harus memberikan contoh beberpa perumpamaan untuk menjelas beberapa ajarannya. Bagaikan tukang periuk membuat suatu bejana, demikian pula Tuhan membentuk karakter orang percaya. Demikian rasul Paulus dengan surat-surat dan kunjungan di beberapa jemaat untuk menyebarkan ajaran Tuhan Jesus, prosesnya tidaklah mudah bahkan menyakitkan. Namun Bagaikan tukang periuk mengubah tanah yang tak berharga menjadi bejana yang indah dan mulia serta bermanfaat bagi manusia. Jadi tak selamanya yang mudah dan gampang itu baik, karena kenyamanan dan mudahnya fasilitas dapat menumpulkan daya juang kita dan dapat memperlemah iman kita kepada Tuhan (jimyself)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s