Scorpions band yang solid

Banyak group musik manca negara yang terbentuk pada awal tahun 1960 yang menjadi legenda bagi musik pop dunia sebut saja The Beatles, Rolling Stonee, Bee gees, Genesis atau Scorpions. Namun tidak sedikit juga yang yang bubar saat mencapai puncak popularitasnya. Salah satu contohnya yakni group band legendaris the beatles yang bubar pada awal tahun 70-an, Genesis bubar tahun 80-an, dan bee gees tahun 90an, sedangkan Rolling Stones tidak jelas keberadaan groupnya. Ada satu atau dua group band legendaris yang tetap solid sampai personal bandnya berusia lanjut (manula)seperti Scorpions, yang usia personalnya sudah berumur hampir 60 tahun .
Scorpions adalah kelompok musik hard rock dari Hannover, Jerman, paling dikenal lewat lagu-lagunya “Rock You Like a Hurricane”, “Wind of Change” dan “Still Loving You”.
“Wind of Change” adalah salah satu lagu Scorpions yang bertipe balads rock. Lagu ini di buat pada tahun 1989 dan terdapat dalam album Crazy World. Lagu ini menceritakan tentang perubahan politik di Eropa Timur pada waktu itu seperti runtuhnya Tembok Berlin, meningkatnya kebebasan di blok komunis (yang disusul jatuhnya Uni Soviet), dan berakhirnya Perang Dingin.
Scopions adalah group musik dimana para personalnya cukup ramah dan bersahabat, karena dalam perjalanan kehidupan bermusiknya senang bekerja sama dengan beberapa musisi di berbagai negara, termasuk dengan musisi Indonesia. Dalam album Pure Instinct (1996) mereka bekerja sama dengan dua penulis lagu Indonesia Titiek Puspa dan James F. Sundah dalam lagu “When You Came into My Life”.

Group musik musik ini tetap solid sampai akhirnya mereka memutuskan untuk pensiun mengakhiri karier musiknya pada tahun 2010, sebagaimana rilis pers mereka tertanggal 24 Januari 2010 di situs resminya. Album terakhir mereka dirilis Maret 2010 diikuti dengan tur dunia. Group ini di awaki oleh
Rudolf Schenker — rhythm & lead guitars, backing vocals
Klaus Meine — lead vocals
Matthias Jabs — lead & rhythm guitar, backing vocals
James Kottak — drums, percussion, backing vocals
Paweł Mąciwoda — bass, backing vocals
Pengagas serta pendiri group band ini adalah Rudolf Schenker, yang juga gitaris rhythm band ini pada tahun 1965. Pada awalnya, band ini vokalis utamanya adalah Schenker sendiri , namun pada tahun 1969 terjadi perubahan yang cukup signifikan ketika adik Michael Schenker dan Klaus Meine bergabung dan menjadi vokalis utama band ini. Pada tahun 1972, group merekam dan merilis album debut mereka Lonesome Crow, dengan Lothar Heimberg pada bass dan Wolfgang Dziony pada drum.
Era pop rock Ballad
Pada tahun 1993, Scorpions merilis album bernuansa rock ballad sesuai dengan tren musik rock pada masa itu dimana banyak group musik yang mengusungnya salah satunya Bon Jovi. Untuk proses rekaman, album Scorpions yang baru ini dipercayakan kepada produser Bruce Fairbairn. Album ini mendapat merespon positif, dan salah satu lagunya yang bernuansa rock ballad yang berjudul”Under The same Sun” menjadi hit, dan dijadikan soundtrack filmnya Steven Seagal ”On deadly Ground”.

Pada bulan November 2009, Scorpions mengumumkan bahwa 17 album studio mereka, Sting in the Tail, akan dirilis pada awal 2010, album ini direkam di Hannover dengan produser asal Swedia Mikael “Nord” Andersson dan Martin Hansen. Sting in the Tail dirilis pada tanggal 23 Maret 2010.

Pada tanggal 24 Januari 2010, band ini mengumumkan bahwa Sting di Tail akan menjadi album terakhir mereka dan bahwa tur itu merupakan tur terakhir mereka sebagai group band. Bagi para penggemar Scorpion Tur ini diharapkan berakhir pada 2012 atau 2013.

Pada tanggal 6 April 2010, Scorpions yang diabadikan di Hollywood Rock Walk dalam sebuah upacara handprint, dengan semua anggota band mengabadikan tangan mereka di sebuah permukaan semen basah, dan ditempatkan di samping artis musik lainnya di Walk Rock.(jm)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s