John Denver

Walau anda mungkin bukan penggemar musik countri, tapi mungkin anda pernah mendengar lagu “Leaving on a Jet Plane” yang mana lagu ini pernah dijadikan soundtrack film box office yang berjudul “Armagedon”.
Atau anda pernah mendengar alunan lagu yang merdu apalagi saat anda dalam suatu perjalanan pulang kampung dengan judul “Take Me Home, Country Roads” . Itulah sebagian lagu John Denver yang mendunia yang sampai saat ini masih dinyanyikan kembali oleh beberapa penyanyi internasional saat ini.

John Denver (lahir di Roswell, New Mexico, 31 Desember 1943 – meninggal di Pacific Grove, California, 12 Oktober 1997 pada umur 53 tahun) adalah penyanyi, pencipta lagu, dan aktivis politik Amerika Serikat yang membawakan lagu-lagu berirama country dan folk rock. Lirik lagu di awal kariernya sering berisi protes tentang keadilan sosial dan perang. Walaupun demikian, Denver juga dikenal dengan lagu bertemakan lingkungan hidup, seperti: “Take Me Home, Country Roads” (1971) dan “Rocky Mountain High” (1972). Kedua lagu tersebut sampai di urutan 10 teratas tangga lagu Amerika Serikat tahun 1971 dan 1973

RIWAYAT
John Denver dilahirkan sebagai Henry John Deutschendorf Jr. di Roswell, New Mexico. Ayahnya adalah penerbang Angkatan Udara Amerika Serikat. Denver dibesarkan di Oklahoma, Arizona, Alabama, dan Texas. Ia masuk Jurusan Arsitektur Universitas Texas Tech di Lubbock, Texas pada tahun 1961, dan mulai bermain musik di kedai-kedai kopi. Setelah putus kuliah pada tahun 1964, ia pindah ke Los Angeles. Kariernya sebagai penyanyi berawal dari bermain di kelab-kelab musik folk dengan nama panggung John Denver.

Pada tahun 1965, ia bergabung dengan Chad Mitchell Trio untuk menggantikan Chad Mitchell. Mereka dikontrak label Mercury hingga keluarnya Denver pada tahun 1969 untuk berkarier solo untuk label RCA Records. Album pertama John Denver adalah Rhymes and Reasons yang dirilis tahun 1969. Di dalamnya berisi sebuah lagu ciptaan Denver, “Leaving on a Jet Plane” yang sebelumnya pernah direkam bersama Chad Mitchell Trio. Setelah dinyanyikan kembali oleh Peter, Paul and Mary pada tahun 1967, “Leaving on a Jet Plane” menduduki peringkat pertama tangga lagu Amerika Serikat pada tahun 1969.

Pada tahun 1974, Denver sukses sebagai salah seorang musisi terlaris Amerika Serikat setelah “Sunshine on My Shoulders” dan “Annie’s Song” menduduki urutan nomor satu tangga lagu AS dan Britania Raya. John Denver diangkat sebagai Pujangga Resmi negara bagian Colorado pada tahun 1977.

John Denver tewas pada 12 Oktober 1997 setelah pesawat bermesin tunggal yang dikemudikannya jatuh di lepas pantai Pacific Grove, California, tidak lama setelah lepas landas dari Bandar Udara Monterey Peninsula.

Kehidupan pribadi

Pernikahan pertama Denver adalah Annie Martell Santo Petrus, Minnesota. Pernikahan mereka diadakan di Kapel Kristus pada Gustavus Adolphus College. . Pasangan ini tinggal di Edina, Minnesota 1968-1971. Nama istrinya ini di abadikan dengan judul sebuah lagu yang menjadi hit pada tahun 1969 yang berjudul “Anni’song” Menyusul berhasilanya lagu”Rocky Mountain High” yang menjadi hit pada tahun berikutnya, John membeli satu rumah di Colorado terus sampai kematiannya. Ia dan Annie mengadopsi anak, Zachary, dan putrinya, Anna Kate,
John Denver menikah dengan aktris Australia Cassandra Delaney pada tahun 1988. Mereka memiliki seorang putri, Jesse Belle. Mereka dipisahkan pada tahun 1991 dan bercerai pada tahun 1993.

Bakat Denver melampaui musik. Dia pelukis juga tapi karena jadwalnya membatasi, dia mengejar fotografi. Dia pernah mengatakan bahwa “fotografi adalah cara untuk berkomunikasi perasaan.” Denver adalah seorang pemain ski avid dan pegolf. John juga membeli sebuah Learjet, yang digunakan untuk dirinya konser. Saking cintanya pada dunia penerbangan,Dia juga membeli pesawat aerobatic Christen Elang, dua Cessna 210s, glider dan pada tahun 1997, yang naas Long-EZ Rutan

Penghargaan yang pernah diraih.
Penghargaan Grammy

* 1997: Album Musik Terbaik untuk Anak-anak, All Aboard!
* 1998: Grammy Hall of Fame Award, “Take Me Home, Country Roads”

American Music Award
* 1975, 1976: Artis Pria Pop/Rock Terpopuler
* 1976: Artis Pria Musik Country Terpopuler
* 1976: Album Country Terbaik, Back Home Again

Penghargaan Asosiasi Musik Country

* 1975: Lagu Terbaik, “Back Home Again”
* 1975: Artis Terbaik

Academy of Country Music Award

* 1974: Album Terbaik “Back Home Again”

Penghargaan Emmy

* 1975: Pertunjukan Beragam, Musik, atau Komedia Terbaik untuk An Evening With John Denver.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s