DUA OPERASI SISTEM DALAM SATU PC

Kalau anda yang betanya apa bisa dua operasi sistem digunakan dalam satu computer (PC)? Mengapa tidak! Sangat bisa satu PC baik desktop maupun laptop bisa dibenamkan dua opreasi system baik operasi system berasal dari windows seperti Vista dan windows 7, atau Ubuntu 10.04 dan Windows Xp, selama PC anda kompetibel dengan syarat minimum untuk menggunakan operasi system tersebut. Misalnya sebagai contoh jika kita menggunakan operasi system window vista, posesor di PC kita minimal diatas 2,5 GHz dan memori Ramnya diatas 512 mb serta memori Hard disknya minimal 40 gb. Atau mau menggunakan OS window 7, procesornya mimimal dual core 1,8 Ghz dan memori ramnya diatas 1 GB, serta memori HD-nya diatas 80 gb. Dan kalau kita menggunakan dua OS diatas di sarankan processor, Ram serta HDnya dua kali lipat dari yang di sebut diatas, itu baru mantap.
Memang mengunakan dua OS dalam satu PC, sudah pasti ada kelebihan dan kekurangannya atau bahasa gampang ada baik dan jeleknya. Coba kita bahas yang jeleknya dulu .
1.Jika PC anda tidak memenuhi syarat minimal yang diminta dari salah satu OS yang akan kita gunakan, berarti anda harus menggelontorkan sejumlah dana untuk meng”UP-grade” computer anda, mejadi kompetibel dengan OS tersebut.
2. Anda juga harus menggeluarkan biaya tambahan untuk membeli satu OS lagi, kalau pakai yang original sudah pasti mahal, tentu sarannya harus yang asli bukan bajakan. Ada juga OS yang free alias gratis seperti Ubuntu (Linux) anda tinggal unduh (downlowd).
3.Anda harus mempartisi Hardisk minimal dua partisi, lebih bagus lebih dua partisi, yang mana setiap partisi akan terbuang 2 sampaii 3 gb memori hardisk, yang tidak terpakai.
4.Dengan menggunakan dua OS, otomatis akan memerlukan tempat atau ruang yang lebih besar dalam hardisk , apalagi anda harus menginstall dua program yang sama seperti mocrosoft office, dan program aplikasi lainnya.
Sebenarnya kekuranga atau kejelekan menggunakan dua OS masih ada cuma tidak terlalu signifikan, sementara itu dulu ya.
Nah sekarang kita coba lihat kelebihan atau kebaikan kalau kita menggunakan dua OS.
1. Apabila PC anda hanya menggunakan satu OS saja, katakanlah Window Vista, tanpa diketahui PC anda terkena virus computer yang mematikan seperti Confikar atau virus local
Yang ganas seperti Barontok, sehingga OS system PC anda lumpu atau invalid sama sekali.
Jalan satu satunya hardisk PC anda harus di format, yang secara otomatis data data penting anda akan terhapus, musnah pula harapan anda untuk bisa mengakses data data penting yang kemungkinan bernilai jutaan rupiah. Itu bisa terjadi kalau anda hanya menggunakan satu OS saja. Lain ceritanya kalau anda menggunakan dua OS di PC anda, harapan anda tak akan sirna untuk dapat mengakses data data penting dan anda tidak akan mengalami kerugianjutaan ataubisa jadi miliryaran rupiah, caranya anda bisa menggunakan OS yang satu lagi yang tidak terkontaminasi virus, misalkan anda menggunakan OS Window 7, (yang tingkat keamanan lebih baik dari pada vista) untuk mengakses kembali data data penting anda untuk di back-up ke folder yang aman. Atau Bahkan anda tidak perlu repot repot memformat hardisk yang terkena virus anda hanya perlu membersihkan dengan OS yang satu ini. Itu bisa dilakukan berdasarkan pengalaman empiris dari penulis.
2. Jika PC anda sangat memenuhi syarat untuk ditanamkan OS yang termutakhir seperti Window 7 atau window 8 beta, dan anda hanya ingin meng up-grade dengan satu OS tersebut diatas, kemungkinan gadget anda yang keluaran agak lama seperti printer, scanner atau modem tidak akan bisa digunakan lagi karena drivernya tidak kompetibel dengan OS yang terbaru. Tapi kalau PC anda masih mempertahan OS lama sebut saja window vista, hardware atau gadget anda tersebut diatas tidak akan mubasir alias masih dapat di gunakan.
3. Anda bisa menjalankan dua OS sekaligus tapi hal ini tidak berlaku untuk OS dari window seperti XP, Vista atau window 7. Hal ini hanya bisa dilakukan pada OS Ubuntu 10,04 dengan window XP. Syaratnya harus menjalankan dulu OS Ubuntu 10,04 terlebih dahulu, baru anda bisa membuka OS window XP, dan anda bisa mengexplorer data selayaknya menjalankan OS window XP. Untuk Ubuntu dengan vista dan seven belum diujicobakan. Tengkyu feri majh(jiMyself)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s