MAKANAN ORGANIK

“You are What You Eat”, mungkin diantara anda pernah membaca atau mendengar ungkapan tersebut di atas. Ungkapan tadi berarti “ engkau adalah apa yang engkau makan” ini bisa berarti bahwa sifat dan karakter anda bisa dilihat atau ditentukan dari apa yang anda makan. Misalnya anda seorang yang senang dan selalu makanan instant atau cepat saji, ini bisa diartikan anda adalah termasuk orang yang kurang sabar menunggu, yang mau gampang dan ingin cepat memakan makanan yang siap saji. Atau anda senang memakan makanan yang banyak mengandung lemak dan karbohidrat, dapat diartikan anda adalah orang yang tidak peduli terhadap kesehatan pembuluh darah atau kesehatan jantung diri anda dst. Atau sebaliknya anda adalah orang senang mengkonsumsi buah dan sayuran dengan tetap mengkonsumsi daging (bukan vegetarian murni), sesuai takaran kebutuhan tubuh, ini dapat diartikan anda adalah orang yang disiplin menjaga asupan untuk tubuh anda, dan kalau anda seorang wanita andalah orang yang disiplin menjaga kecantikan serta keindahan tubuh luar dan dalam. Atau anda termasuk dalam kelompok orang yang tidak perduli apa yang dimakan. Apakah itu makanan tidak sehat mengandung lemak atau kolesterol tinggi, atau mengandung residu zat kimia yang dapat menyebabkan efek jangka panjang yang sangat merugikan kesehatan dikemudian hari. Tahukah anda ada beberapa jenis sayur dan buah yang mungkin anda konsumsi setiap hari masih mengandung lebih dari 20 jenis residu pestisida walaupun anda telah mencucinya?. Tanpa disadari, selama ini sudah begitu banyak zat zat kimia dan residu pestisda beracun yang masuk dalam tubuh kita melalui apa yang kita makan, padahal penumpukan zat- zat kimia beracun dalam tubuh , sangat rentan sebagai pemicu berbagai macam panyakit yang berhaya salah satunya kanker.

Saat ini sudah banyak masyarakat dari berbagai belahan bumi ini, mulai meyadari untuk kembali mengkonsumsi makanan sehat, yang bebas dari bebabagai macam residu bahan kimia. Bahan makanan alternative untuk itu adalah bahan makanan organik. Lalu apa itu makanan organik?. Beberapa kalangan mengartikan bahwa makanan organik adalah makanan segar tanpa bahan pengawet kimia, atau makanan yang tidak pernah terkontaminasi bahan kimia atau pestisida. Misalnya kalau itu sayur atau buah-buahan, selama proses penanaman sampai dipanen tidak pernah menggunakan pupuk dari bahan kimia atau tidak pernah menggunakan pestisida. Dan kalau daging atau ikan, selama hewan ternak atau ikan dipelihara tidak pernah menggunakan semacam antibiotik atau hormon pertumbuhan syntetik. Namun ada juga yang menganggap, makanan organic adalah makanan untuk orang-orang yang berlebih-lebihan terhadap makanan sehat.


Terlepas dari berbagai pendapat diatas, makanan organic memang sebenarnya dapat mengurangi berbagai efek negative dari berbagai bahan kimia dan pestisida, karena bahan organic mengandung nutrisi , mineral dan vitamin lebih banyak 50% dibandingkan bahan pangan non organic. Dengan mengkonsumsi makanan organic berarti kita memperoleh asupan makanan yang mempunyai nilai gizi lebih baik sehingga tubuh kitapun akan lebih sehat. Disamping itu makanan jenis organic adalah makanan yang tahan lama dan tidak mudah basih sehingga bisa disampan dalam waktu yng cukup lama.

Makanan organic juga kaya akan antioksidan seperti vitamin E dan mineral seeperti selenium(se), yang fungsinya dapat menyerap racun dalam tubuh dan mengeluarkannya.

Jadi adalah pilihan yang sangat bijaksana, apa bila anda mulai mengunakan produk organic untuk makanan keluarga anda sehari-hari. Selain sehat anda juga ikut menjaga kesehatan lingkungan karena dengan bertambahnya orang yang mengkonsumsi produk bahan makanan organic, berarti ikut juga mengurangi penggunaan residu bahan kimia atau pestisida yang dapat merusak lingkungan.(jm)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s