Voice over Internet Protocol (VoIP)

Mungkin anda pernah melihat ada tayangan wawancara jarak jauh di salah salah satu TV berita, dengan menggunakan fasilitas Skype. Skype itu sendiri adalah salah satu softwear program yang digunakan untuk melakukan teleconference yang menggunakan fasilitas VoIP.
Lalu apa itu VoIP ? VoIP merupakan singkatan dari Voice Over Internet Protocol, juga dikenal sebagai IP Telephony atau Internet Telepon. VoIP merupakan cara lain untuk kita nelpon lewat Internet Protocol. Berbeda dengan kegiatan nelpon yang sudah kita kenal, VoIP tidak memerlukan sebuah perangkat ‘telepon’ real yang diperlukan hanyalah sebuah akses internet, sebuah microphone dan speakers. Dengan seperangkat alat tersebut, anda bisa melakukan kegiatan nelpon dengan biaya yang murah bahkan gratis.
Ada banyak layanan VoIP di Internet yang bisa kita gunakan untuk menelepon gratis, satu yang terkenal adalah Skype. Kita bisa melakukan kegiatan nelpon gratis dengan orang di belahan dunia manapun, tanpa perlu khawatir dengan masalah harga atau roaming, tanpa perlu khawatir pulsa terkuras habis, yang diperlukan adalah teman kita pun harus sama-sama menggunakan Skype.
VoIP akan menjadi trend ke masa depan, dimana kegiatan komunikasi bisa dilakukan dengan mudah
Keuntungan VoIP
Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.
Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Berguna jika perusahaan sudah mempunyai jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara.
Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil. Teknik pemampatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth.
Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX yang ada dikantor. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa
Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang besar. Contoh di Indonesia adalah VoIP Rakyat.
Variasi penggunaan peralatan yang ada, misal dari PC sambung ke telepon biasa, IP phone handset(jm/wptsk)

1 Komentar

  1. it a good information to me.thanks a lot for your information


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s