HOLOGRAM 3D DI PONSEL MUNGKINKAH?

Mungkin ada diantara kita pernah menonton filem sain fiksi yang memuat cerita masa depan yang menggambarkan adanya Televisi dengan proyeksi gambar hologram tiga demensi (3D), telepon rumah bahkan ponsel hologram 3D. Mungkin umumnya di benak kita berkata itukan Cuma di filem. Apakah mungkin TV atau bahkan ponsel bisa dimuati tehnolgi hologram 3D bisa menjadi kenyataan dalam kehidupan kita sehari-hari?. Yang pasti saat ini ada dua perusahaan besar terkenal yang bergerak di bidang tehnologi informasi yaitu Intel dan Nokia tengah mempersiapkan sebuah terobosan baru di dunia yakni memproduksi ponsel yang bertehnologi hologram 3D. Kedua perusahaan besar ini bekerja sama dengan Finland University of Oulu, baru membuka sebuah fasilitas laboratorium gabungan untuk menyiapkan sebuah teknologi yang mampu membawakan pengalaman virtual reality ke dalam ponsel.
Riset akan menggunakan platform sistem operasi open source MeeGoo, yang diluncurkan Intel dan Nokia pada Februari lalu. Tujuan utamanya adalah mengembangkan antarmuka tiga dimensi (3D) dan virtual reality pada teknologi display yang telah ada, serta kemungkinan pengembangan citra hologram 3D bagi ponsel pintar. Dengan teknologi ini, ponsel akan mampu memancarkan citra hologram 3D dari orang yang sedang berbicara di ujung telepon, yang hingga kini baru kejadian di film-film fiksi sains.”3D dan dunia virtual berpotensi besar merevolusi cara orang menggunakan ponsel,” kata Mike Setala, Strategic Alliances and Partnership Director, Nokia, kepada situs Computerworld. Salah satu aplikasi awal yang akan dikembangkan, adalah panel kontrol virtual ponsel untuk mengendalikan saklar lampu dan pemanas di rumah. Menurut Heikki Huomo, Director of Center for Internet Excellence, Finland University of Oulu, riset ini tidak bertujuan untuk membuat pengalaman 3D yang hanya bisa dinikmati oleh kacamata khusus, karena layar ponsel tidak akan memenuhi persyaratan fisik yang dimiliki layar 3D berukuran besar. Kemungkinan lain dari aplikasi ini, menurut Huomo, menciptakan jejaring sosial dalam dunia virtual untuk ponsel yang memanfaatkan GPS dan informasi lokasi pengguna. “Ini akan menjadi ‘killer app’ atau setidaknya merupakan sebuah kesuksesan,” kata Heikki Huomo. Pusat riset ini akan disokong oleh sekitar dua lusin peneliti yang setidaknya akan bekerja selama tiga tahun untuk menggodok proyek ini. Director of Intel Lab Eropa, Martin Curley mengatakan bahwa fokus dari riset ini adalah pengembangan software open source yang akan melengkapi chip-chip besutan Intel. Menurut Jack Gold, analis utama pada J.Gold Associates, pusat penelitian ini merupakan peluang awal bagi Nokia dan Intel untuk mengembangkan sistem operasi MeeGo. 3D bisa menjadi kebutuhan yang begitu penting bagi sebuah peranti mobile berukuran yang lebih lebar, seperti komputer tablet, atau setidaknya ponsel pintar.
Hologram
Hologram adalah produk dari teknologi holografi. Hologram terbentuk dari perpaduan dua sinar cahaya yang koheren dan dalam bentuk mikroskopik. Hologram bertindak sebagai gudang informasi optik. Informasi-informasi optik itu kemudian akan membentuk suatu gambar, pemandangan, atau adegan.
Hologram merupakan jelmaan dari gudang informasi (information storage) yang mutakhir. Kelebihan hologram ialah ia mampu menyimpan informasi, yang di dalamnya memuat objek-objek 3 dimensi (3D). Tidak hanya objek-objek yang biasa terdapat di foto atau gambar pada umumnya. Hal itu disebabkan prinsip kerja hologram tidak sesederhana lensa fotografi. Hologram menggunakan prinsip-prinsip difraksi dan interferensi, yang merupakan bagian dari fenomena gelombang.(Jm/Vn).

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s