HILAL

Sesaat lagi bahkan dalam hitungan jam teman dan saudara- saudara kita, bahkan kita sendiri akan memasuki bulan ramadhan, dimana dalam bulan tersebut umat islam diseluruh dunia secara serentak akan melaksanakan ibadah puasa. Bahkan pada saat ini (pada saat tulisan ini ditulis) pemerintah dalam hal ini departemen Agama Republik Indonesia bersama beberapa ormas islam di Indonesia sedang melangsungkan rapat atau sidang  isbat untuk menentukan hilal yang mana akan menjadi acuan dimulai hitungan bulan ramadhan.. Sebenar nya hilal adalah sebagai berikut:

Hilal adalah penampakan bulan dengan mata telanjang yang paling awal terlihat menghadap bumi setelah bulan mengalami konjungsi.

Hilal merupakan kriteria hisab suatu awal bulan. Setiap awal bulan selalu ditandai dengan munculnya hilal.

Hilal merupakan awal masuknya bulan baru pada kalender qomariyah (bulan), termasuk kalender Hijriah. Banyak kegiatan penting ke-Islam-an mengambil dasar posisi Bulan di langit, seperti Tahun Baru Hijriah, awal shaum Ramadhan, dan Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Dengan demikian dipandang penting untuk menyebarluaskan informasi awal bulan baru yang ditandai oleh tampakan hilal.

Penentuan hilal bulan syawal adalah salah satu aktivitas penting yang dilakukan lembaga hisab untuk menentukan hari terakhir pada bulan Ramadhan. Hal ini akan menentukan kapan ummat muslim terakhir melakukan puasa dan merayakan Idul Fitri. Metode penentuan hilal yang biasa dilakukan ada dua macam yakni metode Rukyat dan Hisab. Rukyah adalah metode penentuan hilal dengan pandangan mata, sedangkan melalui metode perhitungan matematik astronomi disebut Hisab. Untuk Tahun 2010 ini ditentukan oleh pemerintah 1 Ramadan 1431 H. jatuh pada tanggal 11 Agustus. Untuk tahun 2010 ini penentuan Hilal Ramadhan dan Syawal dari beberapa titik lokasi pengamatan yang telah ditentukan. Adapun titik titik pengamatan tersebut adalah

A. Biak Papua

B. Pantai Barat Kupang

C. Mataram NTB

D. Condrodipo Gresik

E. Lantai atas GTC Makasar

F. Tenggarong Kaltim

G. Bukit Belabelu Yogyakarta

H. Bosscha Bandung

I. UPI BANDUNG

J. Anyer Banten

K. Pekanbaru Riau

L. Lok Ngah Aceh.(JimMyself)

1 Komentar

  1. met menjalankan ibadah shaum..
    Bolehngeblog


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s