PEMAIN BELANDA BERDARAH INDONESIA

Pada pelaksanaan perhelatan akbar piala dunia sepak bola secara dunia dikenal dan cukup disebut “world Cup” yang tahun 2010 ini, sudah diketahui ada dua tim yang berhasil mencapai final, yaitu dua Negara terbaik di bidang sepak bola yang sama-sama belum pernah meraih gelar juara dunia, namun keduanya sudah pernah berhasil meraih gelar juara Eropa, yakni Belanda tahun 1988 dan spanyol tahun 2008. Siapapun dari antara finalis yang akan keluar sebagai pemenang, akan membuat sejarah baru karena baru pertama kali meraih gelar juara dikasta tertinggi di bidang olah raga yang paling banyak penggemar ini.
Setiap individu di dunia ini di luar warga Negara spanyol dan belanda bebas memihak kedua Negara fianalis world cup ini.Tak terkecuali warga Negara Indonesia, di setiap daerah ada kelompok dominasi yang memfavoritkan tim Negara tententu dengan berbagai alasan. Contohnya di wilayah Indonesia Timur Khususnya di wilayah propinsi Maluku, konon menurut berita bahwa lebih dari 80 persen warga propinsi tersebut mengunggulkan Negara yang berkostumkan warna oranye yang tidak lain adalah Belanda. Alasannya adalah dalam tim kesebelasan Belanda saat ini di perkuat dua pemain yang sangat sentral, yaitu Giovanni van Bronckhorst sebagai kapten kesebelasan yang juga kapten keselasan tim pertama yang berdarah campuran serta John Heitinga adalah bek kanan utama kesebelasan belanda ini, adalah pemain berdarah Maluku. Selain itu ada juga seorang pemain bola Belanda pada tahun 80-an yang asli kelahiran Maluku, bahkan pernah menjadi tokoh politik yang dikenal dan disegani di tanah produsen keju tersebut, yaitu bernama Johan Jehosefat Lilipaly

Giovanni van Bronckhorst

Giovanni Christiaan van Bronckhorst dipanggil Gio (dibaca “jo”, lahir di Rotterdam, Belanda, 5 Mei 1975; umur 35 tahun) adalah seorang pemain inti tim sepak bola Belanda. Sejak tahun 2003 ia bermain di Feyenoord Rotterdam di Eredivisie. Ia biasanya berposisi sebagai pemain tengah atau pemain bertahan.
Ia memperkuat Belanda pada berbagai turnamen peringkat internasional sejak Piala Dunia FIFA 1998 hingga Piala Dunia FIFA 2010. Pada timnas yang terakhir ini ia dipercaya sebagai kapten.
Bronckhorst adalah salah satu dari beberapa pemain Belanda dalam tim nasional Belanda yang berketurunan Indonesia. Ayah Bronckhorst adalah seorang Indo sementara ibunya berasal dari Saparua, Maluku Yang bermarga Sapulete. Satu hal yang unik, walaupun Gio lahir dan sudah lama menetap di Belanda, ia masih bisa berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Indonesia dengan aksen Indonesia Timur yang kental dan khas, walaupun ia tidak benar-benar menguasai seluruh kosakata yang ada dalam Bahasa Indonesia. Ia mengaku mendapat kemampuan itu dari ibunya yang asli Maluku.

John Heitinga

John Gijsbert Alan Heitinga (lahir di Alphen aan den Rijn, 15 November 1983; umur 26 tahun) adalah bek kanan atau bek tengah tim nasional sepak bola Belanda yang bertinggi badan 180 cm dan bermain di Ajax Amsterdam. Ia memperkuat timnasnya di Euro 2004, Piala Dunia 2006, dan Piala Dunia 2010. Heitinga merupakan satu dari sekian banyak pemain Belanda yang berketurunan Indonesia, ia adalah pemain berdarah Maluku.

Johan Jehosefat Lilipaly

Johan Jehosefat “John” Lilipaly (lahir di Ihamahu, Saparua, Maluku Tengah, 2 Juni 1943; umur 66 tahun) adalah mantan politikus Belanda. Ia duduk atas nama PvdA sekitar 12 tahun di Tweede Kamer. Lilipaly adalah anggota parlemen Belanda pertama yang keturunan Maluku.
John Lilipaly lahir di Pulau Saparua. Awalnya ia bekerja sebagai guru di sekolah dasar. Sebagai pemain sepak bola, ia pernah bermain di kesebelasan Belanda.
Pada tahun 1986, ia dipilih PvdA ke Tweede Kamer. Setahun sebelumnya, ia bergabung dengan PvdA, setelah sebelumnya ikut Partai Politik Radikal. Sebagai anggota parlemen, ia mewakili etnis minoritas dan perbaikan kualitas air.
Puterinya, Carolijn Lilipaly adalah presenter TV.(jim)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s