Teh hijau untuk kesehatan mata

Menurut peneliti Kai On Chu dari Chinese University of Hong Kong menunjukkan bahwa minum teh hijau bisa melindungi mata.”Akan tetapi, diperlukan studi lanjutan untuk membuktikan efek positif ini pada manusia,” terang Chu , seperti dikutip situs webmd.com.

Peneliti menyatakan bahwa komponen sehat dari teh hijau bisa masuk ke dalam jaringan mata dan bertindak sebagai antioksidan di area tersebut. Selain itu, studi juga menemukan bahwa tingkat aktivitas antioksidan bertahan selama 20 jam setelah meminum ekstrak teh hijau.

Teh hijau telah diklaim mempunyai sejumlah manfaat positif, seperti melawan penyakit jantung dan kanker. Efek ini berasal dari kandungan antioksidan katekin di dalamnya.

Menurut para peneliti, katekin merupakan salah satu dari sejumlah antioksidan (termasuk vitamin C, Vitamin E, lutein dan zeaxanthin), yang diyakini membantu melindungi jaringan lunak mata dari glaukoma dan penyakit mata lainnya. Tapi sebelumnya belum diketahui apakah katekin dalam teh hijau bisa diserap ke dalam jaringan mata.

Dalam studi yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry ini, peneliti memberi makan tikus laboratorium dengan ekstrak teh hijau. Kemudian peneliti menganalisis jaringan mata tikus tersebut.

Hasil menunjukkan bahwa bagian-bagian tertentu mata menyerap katekin dalam jumlah yang berbeda-beda. Retina merupakan area mata dengan kandungan katekin paling tinggi. Retina merupakan jaringan perasa cahaya yang melapisi bagian belakang mata. Sedang kornea merupakan bagian yang paling sedikit menyerap catechins. Kornea adalah lapisan paling luar mata.

Teh hijau

Teh hijau (Hanzi:绿茶 Hanzi tradisional: 綠茶 pinyin:Lǜ chá) adalah nama teh yang dibuat dari daun tanaman teh (Camellia sinensis) yang dipetik dan mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi, atau bisa juga berarti minuman yang dihasilkan dari menyeduh daun teh tersebut.

Teh hijau merupakan minuman populer di daratan Tiongkok, Taiwan, Hong Kong, Jepang, Timur Tengah, Asia Tenggara dan semakin dikenal juga di negara Barat yang dulunya merupakan peminum teh hitam.

Teh hijau Jepang

Teh hijau (ryokucha) adalah teh yang sangat umum di Jepang sehingga bila disebut “teh” (ocha) maka kemungkinan besar yang dimaksudkan adalah teh hijau, dan baru disebut sebagai teh Jepang (nihoncha) kalau memang tersedia pilihan teh yang lain. Teh biasanya dijual dengan harga yang bergantung pada kualitas dan bagian dari tanaman yang dibuat teh.

Jenis-jenis teh hijau yang umum:
Gyokuro
Teh terpilih dari daun teh kelas atas yang disebut Tencha. Teh dinamakan Gyokuro karena warna hijau pucat yang keluar dari daun teh. Daun dilindungi dari terpaan sinar matahari sehingga mempunyai aroma yang sangat harum.
Matcha
Teh hijau berkualitas tinggi yang digiling menjadi bubuk teh dan dipakai untuk upacara minum teh. Matcha mempunyai aroma yang harum sehingga digunakan sebagai perasa untuk es krim rasa teh hijau, berbagai jenis kue tradisional Jepang (wagashi), berbagai permen dan coklat.
Sencha

Teh hijau yang biasa diminum sehari-hari, dibuat dari daun yang dibiarkan terpapar sinar matahari.
Genmaicha
Teh jenis bancha dengan campuran butiran beras yang belum disosoh (genmai) yang dibuat menjadi berondong. Teh mempunyai aroma wangi butiran beras yang setengah gosong.
Kabusecha
Teh jenis sencha yang daunnya dilindungi untuk beberapa lama dari terpaan sinar matahari sebelum dipanen. Aroma teh kabusecha sedikit lebih lembut dibandingkan dengan teh sencha.
Bancha
Teh kasar yang dibuat dari panenan yang kedua kali antara musim panas dan musim gugur. Daun teh untuk teh bancha biasanya lebih besar dari daun teh sencha dan aromanya tidak begitu harum.
Hōjicha
Teh yang digongseng di atas penggorengan atau di dalam oven.
Kukicha
Teh berkualitas rendah dari daun teh bercampur tangkai daun teh.(kf/wp)

1 Komentar

  1. saya suka konsumsi teh..tp g tau tehnya ijo apa g…salam kenal…


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s