Kelebihan serta kekurangan netbook dan Laptop

Netbook merupakan sebuah Laptop yang didesain khusus untuk kegiatan surfing internet, netbook tampil mini, mungil dan tentunya ringan untuk dijinjing. Dengan berat yang tidak lebih dari 1.5 Kg (rata-rata 1Kg), maka Netbook sangat cocok bagi anda yang sering bepergian, selain itu daya tahan baterai dari Netbook rata-rata mencapai 4-8 jam untuk sekali charge, jadi kemanapun anda pergi tak perlu khawatir kehabisan baterai (lowbet).

Netbook sangat cocok bagi anda yang membutuhkan sebuah Laptop hanya untuk kegiatan internetan, memberikan presentasi, ataupun membuat laporan. Dengan spesifikasi standar Netbook seperti prosesor 1.66Ghz, memori RAM 1GB dan Hardisk 160/250GB, netbook benar-benar dibuat untuk kebutuhan standar berkomputer, jadi performanya pun boleh boleh dibilang pas-pasan.

Netbook pun hadir tanpa drive DVD/CD ini tentunya untuk menghemat ruang di netbook, sehingga bisa tampil lebih slim dan mini, lagian bila anda sering bepergian tentu saja tidak terlalu memerlukan kehadiran dari DVD ini. Prosesor yang digunakan pun kebanyakan sekelas Intel Atom bukan Intel Core 2 Duo atau Prosesor terbaru Intel Core i7, Core i5 ataupun Core i3. Ini bisa dimaklumi karena Intel Atom merupakan prosesor yang low power artinya membutuhkan supply daya yang lebih sedikit (sehingga mampu menghemat pemakaian baterai).

Lalu bagaimana bila anda ingin bermain game terkini dan memutarkan Video Youtube dengan kualitas HD atau High Definition, tentu saja Netbook bukan pilihan yang tepat untuk mengakomodir kebutuhan anda ini dan Laptop menjadi pilihan yang wajib.

Laptop terkini telah hadir dengan prosesor terbaru Intel yakni Intel Core i3, Intel Core i5 dan Intel Core i7, dukungan memori yang besar (rata-rata telah built in 4GB memori RAM DDR3), dan dedicated Grafik Card atau Kartu Grafis. Ini artinya, Laptop akan mampu memenuhi kebutuhan anda untuk bermain game, atau menonton video dengan kualitas HD.

Sisi minus sebuah Laptop adalah daya tahan baterai yang relatif lebih singkat dibandingkan dengan sebuah netbook, ini bisa dimaklumi karena hadirnya dedicated kartu grafis sampai prosesor yang membutuhkan sumber daya besar. Dari segi berat, Laptop rata-rata hadir dengan berat lebih dari 2 Kg ini artinya jika anda sering bepergian, maka menjinjing sebuah Laptop tentu saja membutuhkan tenaga ekstra, jika dibandingkan anda membawa sebuah Netbook.(tsk)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s