JET LEG

Mungkin anda adalah satu dari sekian orang yang sering bepergian dari satu kota ke kota lainnya atau dari satu negara ke negara lainnya  dengan menggunakan transportasi pesawat terbang. Setelah menempuh sekian mil perjalanan dengan pesawat terbang dan  memakan waktu  berjam-jam bahkan sampai belasan jam, anda mulai merasa ada kelainan pada badan anda, seperti kecapean yang berlebihan, mual, nyeri otot, susah konsentrasi, dll, itu berarti anda sudah terkena sindrom penyakit yang di sebut jet leg

Deskripsi

Jet lag, adalah juga disebut sindrom perubahan zona waktu, adalah suatu gangguan tidur yang dapat mempengaruhi siapa saja yang melakukan perjalanan melewati beberapa zona waktu. Jet lag disebabkan oleh gangguan pada tubuh jam internal atau ritme sirkadian – yang memberitahu tubuh kapan waktunya akan terjaga dan kalau sudah waktunya untuk tidur. Semakin banyak melintasi zona waktu, semakin besar kemungkinan mengalami jet lag.

Jet lag dapat menyebabkan kelelahan di siang hari, perasaan yang tidak sehat, kesulitan untuk tetap waspada dan masalah pencernaan. Jet lag bersifat sementara tetapi dapat menghambat kinerja.

Jet lag dapat terjadi kapan saja ketika seseorang melewati dua atau lebih zona waktu. Jet lag terjadi karena melintasi berbagai zona waktu sedangkan jam internal tubuh menempatkan jam atau irama sirkadian (satu sistem dalam tubuh yang mengatur siklus tidur-bangun). Perbedaan zona waktu dan jam tubuh tersebut tidak sinkron.�

Misalnya, seseorang yang melakukan penerbangan selama enam jam dari New York ke Paris. Sebagai contoh jika sesepramh meninggalkan New York pada jam 4 pagi di hari selasa waktu New York dia akan tiba di Paris pada hari Rabu jam 7:00 pagi waktu Paris. Menurut jam internal tubuh jam 1 dini hari adalah waktunya istirahat, tapi zona waktu di Paris menunut untuk bangun pagi . Oleh karena itu tubuh membutuhkan beberapa hari untuk menyesuaikan, mulai dari siklus bangun-tidur, pola makan, atau kebiasaan buang air besar di tempat baru.

Gejala
Gejala jet lag dapat berbeda-beda. Penderita mungkin mengalami hanya satu gejala atau beberapa gejala. Gejala Jet lag tersebut antara lain:
* Susah tidur – seperti insomnia, bangun awal atau kantuk yang berlebihan
* Kelelahan di siang hari
* Kesulitan berkonsentrasi
* Masalah perut, sembelit atau diare
* Perasaan umum tidak baik
* Nyeri otot
* Gejala menstruasi pada wanita yang sering bepergian

Perawatan

Jet lag biasanya tidak memerlukan pengobatan. Namun, jika terus-menerus melakukan perjalanan jauh dan mengalami jet lag, dokter mungkin meresepkan obat atau terapi cahaya.(jm/mayoclinic)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s