AVATAR

Pada liburan tahun baru 2010 yang baru lalu Presiden Amerika serikat Barack Obama beserta seluruh keluarganya mudik ketanah kelahirannya yaitu di Honolulu Hawaii.
Pada malam menjelang pergantian tahun Obama dan keluarganya menghabiskan waktunya dengan men-“carter” sebuah gedung bioskop dekat kediamannya di hawai demgam menonton film “Avatar”
Sebenarnya apa keistimewaan film perpaduan antara dunia animasi dan dunia nyata itu?
Avatar adalah film epik fiksi ilmiah 3-D masa depan yang disutradarai oleh James Cameron, yang seharusnya dirilis 16 Desember 2009 oleh 20th Century Fox. Film ini adalah proyek terbaru Lightstorm Entertainment, dan berfokus pada sebuah epik konflik di dunia yang jauh yang disebut Pandora, di mana manusia dan spesies asli Na€™vi, terlibat dalam perang untuk berebut sumber daya dan eksistensi.
Film ini akan ditampilkan dalam format 2D atau 3D, tergantung format yang dimiliki dari bioskop. Film ini disajikan sebagai sebuah terobosan dalam teknologi film untuk pengembangan visualisasi 3D dan film dengan kamera stereo yang telah dirancang secara khusus untuk film, dan telah diperkirakan akan merebut dua penghargaan

Cerita film ini sebernarnya sederhana,sebuah sains fiksi yang terjadi pada tahun 2154 yang menceritakan seorang mantan marinir yang sudah tidak berdaya yang duduk pesakitan dikursi roda karena lumpuh, namun dalam benak serta semangatnya masih bergelorah jiwa seorang prajurit. Maka seorang mantan marinir yang bernama jake sully yang diperankan oleh Sam Worthington ini dibawah disebuah laboratorium super canggih yang berada di planet didiami komunitas avatar. Dilaboratorium ini jack dipertemukan dengan seorang ahli yang bernama Dr. Grace Agustine yang diperankan oleh sigourney weaver yang kita kenal dalam trilogy Alien
Dr. Grace ini adalah seorang ahli yang bisa mentransfer jiwa serta pemikiran manusia ke sebuah kehidupan dunia animasi (avatar) dengan sebuah alat yang berbentuk capsul raksasa yang bisa memuat tubuh manusia. Jack suly adalah obyek yang akan digunakan otaknya untuk dijadikan sebuah avatar dengan tugas untuk menyamar komunitas dunia avatar.

Jake kemudian ditugaskan menuju Pandora, sebuah hutan nan subur yang penuh dengan berbagai macam makhluk hidup yang baik dan makhluk yang mengerikan. Pandora juga rumah bagi suku Na€™vi, makhluk yang mirip manusia dengan kehidupan primitif serta memiliki kemampuan seperti manusia. Saat manusia mencoba memasuki Pandora untuk meneliti kandungan mineral yang ada di sana, suku Na€™vi memerintahkan para prajuritnya untuk melindungi negerinya dari ancaman.

Jake direkrut untuk menjadi bagian dari proyek ini. Karena manusia tidak dapat menghirup udara di negeri Pandora, maka mereka menciptakan makhluk-mirip-suku Na€™vi yang mereka sebut sebagai Avatar. Di Pandora, dengan tubuh Avatar, Jake dapat berjalan kembali. Di hutan Pandora, Jake melihat banyak keindahan dan bahaya. Ia juga bertemu dengan wanita muda Na€™vi bernama Neytiri (Zoe Saldaña).

Seiring berjalannya waktu, Jake berbaur dengan suku Na€™vi dan jatuh cinta kepada Neytiri. Pada akhirnya, Jake terjepit antara tujuannya dikirim oleh militer ke Pandora dan suku Na€™vi, memaksanya untuk memihak pada satu pilihan yang akan menentukan nasib bumi dan suku Na€™vi

Singkat cerita pada akhirnya pimpinan proyek dan komendan meliter yang ditugas
diplanet yang mirip paduan antara bumi dan bulan tersebut, ingin memusnahkan komunitas dunia avatar suku navi, konsekwensinya akan berhadapan dengan jack suly yang sudah menjelma jadi avatar yang super, yang mempunyai jiwa kepemimpinan serta skill taktik kemiliteran yang membela dan berpihak pada komunitas avatar.

Pendapatan keuntungan

Film avatar ini cukup fenomenal dan luar Biasa! Dalam hitungan 17 hari saja pemutaran di seluruh dunia, film karya sutradara James Cameron, Avatar (2009), meraih angka 1 miliar dolar AS atau sekitar Rp 9,5 triliun. Wow!

Angka ini sepertinya akan terus naik, mengingat film karya sutradara asal Kanada ini masih diputar di seluruh dunia.

Hal ini membuat James menjadi satu-satunya sutradara yang berhasil memproduksi dua film yang berhasil meraih keuntungan di atas 1 miliar dolar AS setelah Titanic di tahun 1997 menjadi film paling laris sepanjang masa dengan pendapatan mencapai 1.835.300.000 dolar AS.

Dengan keberhasilannya ini, Avatar menggeser The Dark Knight (2008) di posisi keempat film paling banyak meraih keuntungan. Dan diprediksi pada akhir minggu ini akan menggeser Pirates of the Caribbean: Dead Man€™s Chest (2006) yang meraih keuntungan sebesar 1.060.332.628 dolar AS di posisi ketiga dan The Lord of the Rings: The Return of the King (2003) yang mendapat 1.129.219.252 dolar AS di urutan kedua film paling banyak meraup keuntungan.

Sebagai perbandingan saja, film Transformers: Revenge of the Fallen (2009) yang dibesut oleh Michael Bay membutuhkan waktu 114 hari untuk meraih keuntungan sebesar 402 juta dolar AS di Amerika Serikat.

Dan hal ini akan segera dipatahkan oleh Avatar, yang diprediksi melebihi angka tersebut hanya dalam waktu 20 hari. Karena dalam 17 hari saja, keuntungan Avatar di Amerika Utara sudah mencapai 352 juta dolar AS.

Avatar memang luar biasa. Bukan hanya filmnya dan raihan keuntungan yang terus mengalir, film ini juga ternyata disebut-sebut sebagai film dengan biaya produksi tertinggi, mengalahkan biaya produksi Pirates of the Caribbean: At World€™s End (2007).

Dengan dana lebih dari 300 juta dolar AS lebih atau hampir setara Rp 3 triliun, menjadikan Avatar sebagai film dengan biaya produksi paling mahal sepanjang sejarah (jimyself)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s