Batuk

Batuk merupakan mekanisme tubuh yang sangat penting guna melancarkan tenggorokan dan saluran pernapasan. Tetapi, bila batuk terjadi secara terus menerus maka itu berarti terdapat suatu masalah atau penyakit pada tubuh kita. Batuk biasanya dibagi kedalam dua jenis yaitu, batuk kering dan batuk produktif atau batuk berdahak. Kedua jenis tersebut bisa terjadi secara akut maupun kronis. Batuk yang akut terjadi secara tiba-tiba dan akan hilang dalam 2 sampai 3 minggu. Sedangkan btuk yang kronis dapat bertahan lebih dari 3 minggu.

Selain dari infeksi saluran pernapasan atas seperti flu dan pilek, batuk dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti berikut :

* alergi atau asma
* infeksi paru-paru seperti pneumonia dan bronkitis akut
*penyakit-penyakit kerusakan paru-paru seperti emphysema dan bronkitis kronis
* sinusitis
*perokok aktif atau pasif
*terkena polusi udara

Berikut beberapa tips untuk meredakan batuk :

*gunakan permen-permen pelega tenggorokan untuk meredakan batuk kering dan gatal
* mandi uap dapat membantu melegakan batuk kering karena uap tersebut akan meningkatkan kelembaban udara di saluran pernapasan
* minum banyak air guna mengencerkan dahak sehingga dapat dikeluarkan
*jangan merokok atau dekat-dekat dengan perokok
* jika batuk tersebut diakibatkan oleh alergi udara maka masuklah ke dalam rumah, tutup pintu dan jendela. Gunakan air conditioner (AC) bila memungkinkan, jangan gunakan kipas yang menarik udara luar masuk ke dalam. Mandi dan gantilah pakaian setelah dari luar
* jika batuk tersebut berasal dari alergi lainnya, usahakan jauhkan sumber alergi

Obat Batuk Sirup

Walaupun batuk sangat mengganggu, tetapi batuk merupakan cara tubuh untuk menyembuhkan diri. Adanya batuk berarti tubuh menginformasikan kepada kita bahwa ada sesuatu yang salah terjadi didalam tubuh. Oleh karenanya, pengobatan terhadap batuk hanyalah bertujuan untuk meringankan gejala bukan menyembuhkan penyakit yang menyebabkannya.

Sering kali bila seseorang batuk dia lalu mengambil antibiotik sebagai obat. Padahal bila batuk tersebut diakibatkan oleh infeksi virus seperti flu dan pilek, penggunaan antibiotik tersebut menjadi tidak tepat. Hal ini karena antibiotik tidak dapat digunakan untuk membunuh virus. Antibiotik juga tidak akan membantu mengobati bila batuk tersebut disebabkan karena alergi.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s