Bekerja Dari Rumah

Home Office Ketika anda memulai bekerja dari rumah, anda harus menguasai dengan cepat berbagai keterampilan sekaligus. Mulai dari pemasaran, penjualan, berhubungan dengan pelanggan, manajemen waktu, perencanaan bisnis, pengelolaan keuangan. Bukan itu saja, anda pun masih  dituntut untuk memberikan produk dan jasa yang terbaik. Ditambah lagi, anda mesti menyeimbangkan urusan rumah tangga dengan pekerjaan. Mungkin dari pengalaman kerja sebelumnya sudah memberikan sejumlah informasi bagaimana menjalankan usaha. Jika belum, beberapa tip  berikut ini dapat anda jadikan panduan mengenai hal apa saja yang harus anda pahami agar bekerja dari rumah dapat anda lakukan dengan optimal :
•    Tentukan jam kerja anda  
Bekerja tanpa patolan jam kerja, dan melakukan apapun semau anda adalah ide buruk. Anda tidak akan bisa menyelesaikan pekerjaan apapun jika anda tidak memiliki disiplin waktu kerja. Tentukan berapa jam kerja yang harus anda patuhi, atau tentukan kapan ” jam masuk dan jam pulang kerja”.  Bisa jadi jam kerja memang tidak beraturan, tapi secara keseluruhan harus memenuhi maksimum target jam kerja per minggu.
•    “Result Oriented” not “Rule Oriented”
Bekerja sendiri  di rumah terkadang bingung dalam membuat milestone ini atau target pencapaian. Terlebih jika punya beberapa pekerjaan yang harus berjalan secara “multi-tasking”. Tanpa menentukan milestone ini, mustahil kita akan mencapai “Result Oriented” yang maksimum., bukan hanya sekedar memenuhi jam kerja perminggu  tadi alias  “Rule Oriented”.
•    Atmosfir kerja yang nyaman
Bekerja dari rumah bukan berarti bebas gangguan. Anda tidak akan bisa bekerja jika anak-anak merengek seharian, tempat kerja yang sumpek , atau sulit menemukan file penting karena segala sesuatu tidak beraturan. Tentukan ruangan di rumah yang akan anda pakai bekerja dan tidak boleh sembarang orang masuk melakukan aktifitas disitu. Juga tentukan waktu kapan melakukan tugas rumah tangga dan kapan melakukan pekerjaan.
•    Hati-Hati Mood
Menunggu mood untuk bekerja , sama saja dengan menunggu bintang jatuh. Jangan mentang-mentang di rumah dan tidak ada yang mengawasi, anda kemudian bisa menunda pekerjaan. Menonton TV dulu, berlama-lama membaca koran, atau ngegosip dengan tetangga, supaya ”mood”. Anda bisa istirahat sejenak jika keletihan, di luar itu kendalikan mood anda.
•    Social Life
Memanjangkan tali silaturahmi membuka pintu rejeki. Bekerja dari rumah bukan anda terkungkung . Apalagi networking sangat penting untuk karir dan bisnis anda. Perluas pergaulan jangan hanya di sekitar rumah saja atau jangan merasa cukup dengan mengikuti diskusi di berbagai milis dunia maya.  Pertemuan tatap muka dengan teman-teman seprofesi atau orang lain di luar bidang pekerjaan anda akan memperluas wawasan anda.(mrs)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s