Perencanaan Keuangan (Fund Planning)

money-saving-tips
Investasi merupakan formula generik bukan perseorangan. Konsep dan teori investasi telah sedemikian meraja dan mendominasi. Sehingga mustahil bagi kita untuk membicarakan akumulasi kekayaan pribadi dan keluarga tanpa investasi.
Investasi selama bertahun-tahun telah membuktikan supremasinya, namun mulai memperlihatkan ”usianya”. Kelemahannya semakin jelas terlihat sejalan dengan berlalunya waktu. Kekurangannya paling utama adalah kesulitan menentukan rumusan yang optimal dan akurat untuk mengalokasikan dana di dalam portfolio ke saham, obligasi dan simpanan bank. Apalagi berinvestasi selalu terkait dengan untung rugi. Artinya investasi mengandung risiko, terkait dengan produk investasinya. Sederhananya begini, investasi merumuskan penempatan dana X% ke saham, Y% ke obligasi dan Z% ke tabungan & depostio. Masalahnya, tidak ada cara yang mudah untuk menentukan berapa seharusnya X,Y dan Z.

Akan halnya perencanaan keuangan memberikan alasan-alasan yang rasional dan logis mengapa anda menempatkan dana ke berbagai produk investasi. Contohnya tabungan, deposito, reksa dana, saham, obligasi bahkan investasi alternatif lainnnya seperti property, emas bahkan usaha . Berapa jumlah yang tepat yang harus dialokasikan untuk itu , untuk tujuan apa dan bagaimana caranya.

Perencanaan keuangan pribadi dan keluarga akan menjawab berapa dana yang harus dialokasikan dan produk investasi apa yang cocok untuk bisa mencapai tujuan keuangan mempersiapkan dana pendidikan menikah, dana pendidikan anak, dana pensiun, pelunasan hutang, persiapan modal usaha, dana uang muka rumah, dana ziarah rohani / naik haji, atau liburan keliling Eropa. Perencanaan keuangan juga akan menjawab bagaimana sebuah keluarga dapat mengantisipasi risiko-risiko keuangan keluarga jika tertimpa musibah dan bencana.
Intinya perencanaan keuangan mengakomodir tujuan-tujuan keuangan pribadi dan keluarga secara spesifik yang benar-benar sesuai dengan kondisi pribadi seseorang atau sebuah keluarga.(mredu)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s