G20 Sepakati Sanksi Bagi Pemicu Krisis

_ktt_g20___obama_dan_sby_ Pittsburgh– Para pemimpin negara yang tergabung dalam kelompok G 20 sepakat untuk memastikan hukum di negara masing-masing benar-benar dapat mengatur sistem perbankan atau lembaga keuangan lain yang menyebabkan krisis ekonomi. Keputusan ini tertuang dalam rancangan pernyataan hasil pertemuan G 20 di Pittsburgh, pada Kamis dan Jumat ini.

“Kami setuju bahwa lembaga finansial yang tidak menunjukkan tanggung jawab tidak dapat kembali beroperasi,” demikian tertulis dalam rancangan pernyataan yang diterima wartawan senior ANTV, Uni Lubis.

Selain itu, mereka juga sepakat membuat sebuah kerangka kerja bersama yang berisi sejumlah kebijakan untuk menciptakan pertumbuhan global yang seimbang, kuat, dan berkelanjutan. Para pemimpin mengaku harus mengubah sasaran permintaan dari sektor publik ke swasta.

Mereka juga menyatakan akan menyusun pola untuk menyetarakan pertumbuhan ekonomi antarnegara sehingga mengurangi ketimpangan. Para pemimpin berjanji akan mencegah terjadinya ledakan pertumbuhan dadakan di sejumlah sektor seperti kredit dan perdagangan aset yang beresiko tinggi.

“Kami juga akan berupaya mempercepat reformasi struktural demi meningkatkan permintaan swasta dan memperkuat potensi pertumbuhan jangka panjang,” kata mereka.

Anggota G 20 menyatakan akan mengadopsi prinsip ekonomi makro untuk menjaga keseimbangan harga. Para pemimpin ini sepakat bahwa reformasi arsitektur perekonomian global diperlukan untuk memenuhi tantangan abad 21. Mereka juga menyatakan forum G 20 sebagai forum utama kerja sama ekonomi internasional.

Untuk itu, G 20 membentuk Dewan Stabilitas Finansial untuk merangkul negara ekonomi berkembang dan mengawasi perkembangan regulasi finansial. Ke depannya, G 20 akan memberi lebih banyak kekuatan bagi negara berkembang dan berharap Bank Dunia dapat memegang peran dalam menghadapi masalah yang membutuhkan kerja sama internasional.
( VIVAnews )

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s