Arnold Schwarzenegger undang Gubernur Kalbar…

Arnold Schwarzenegger undang Gubernur Kalbar...

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat akan meminta ketegasan dari negara industri mengenai komitmen kompensasi untuk daerah pemilik hutan pada pertemuan tentang perubahan iklim dan pemanasan global di Los Angeles, Amerika Serikat, minggu depan.
Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah Kalbar Darmawan di Pontianak, Jumat (25/9)  mengatakan, selama ini sudah banyak skema tentang pemberian kompensasi untuk daerah yang dapat menyerap karbon. “Ada skema perdagangan karbon, tetapi sampai sekarang teknis pelaksanaannya belum jelas, misal penyaluran dalam bentuk korporat,” kata Darmawan.
Gubernur Kalbar Cornelis diundang Gubernur California Arnold Schwarzenegger ke Los Angeles pada 30 September – 2 Oktober 2009 untuk menghadiri kegiatan “Governors Global Climate Summit”.  Pertemuan tahun ini merupakan yang kedua kalinya dan atas inisiatif Arnold.
Arnold mengundang daerah yang sangat berpotensi mendukung perubahan iklim. Tahun lalu, sekitar seribu peserta dari 53 negara hadir.  Kegiatan tersebut menjadi pertemuan pendahuluan sebelum acara serupa yang lebih luas yakni “Road to Copenhagen”.
Sebanyak 31 gubernur dari delapan negara telah menandatangani deklarasi untuk mengatasi perubahan iklim. Selain itu, membentuk komitmen bersama dan berbagi informasi mengenai penanganan pembalakan liar, penggunaan energi, transfer teknologi.
Darmawan menambahkan, untuk mengurangi perubahan iklim adalah dengan mengurangi kegiatan di sektor industri. Namun,  negara-negara maju tidak menginginkan hal itu. “Negara-negara industri menekan kita untuk menjaga hutan karena hutan dapat menyerap karbon. Sementara hutan mereka sudah habis,” katanya.
Kalbar mempunyai beragam jenis kawasan hutan, dan ada yang masuk komitmen “Heart of Borneo”. Gubernur Kalbar punya kewajiban  menyejahterakan masyarakat lokal,  salah satunya dengan memberdayakan potensi daerah, termasuk kekayaan alam.
*Kompas

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s