GEREJA KRISTEN KOPTIK

Gereja Kristen koptik adalah bisa dikatakan gereja Kristen resmi yang pertama sejak kematian Jesus Kristus. Gereja Kristen koptik diperkirakan merupakan asal muasal keberadaan keberagaman gereja Kristen diseluruh dunia saat ini. Gereja Kristen koptik adalah gereja Kristen terbesar di Mesir pada waktu itu dengan nama gereja Kristen ortodok Alexsandria.. Gereja milik keluarga gereja Ortodoks Oriental, yang telah menjadi tubuh gereja yang berbeda sejak Konsili Kalsedon pada tahun 451. Gereja ini pada perkembanganya terbagi menjadi dua yakni menjadi gereja Kristen Ortodoks dan gereja-gereja Katolik Roma. Perbedaan dari sudut pandang teologi yang menyebabkan terjadi perpecahan ditubuh Kristen Koptik yang sampai saat ini masih diperdebatkan secara teknis ,terutama terkait dengan pandangan tentang kehidupan Kristus.
Akar dasar Gereja yang berbasis di Mesir ini masih memiliki umat yang tersebar di seluruh dunia. Menurut tradisi, gereja didirikan oleh Rasul Saint Mark yang merupakan penginjil pada pertengahan abad ke-1 (sekitar AD 42), Kepala gereja dari Alexandria.adalah Paus dari Alexandria dan Patriarkh..
Pada saat ini 20% dari Gereja gereja Ortodoks di Mesir adalah gereja kristen Koptik Alexandria, meskipun ada-gereja gereja lain juga mengklaim Patriarkat dan Patriarkh Alexandria; di antara nya adalah: Gereja Ortodoks Yunani dari Alexandria, Katolik Koptik Gereja Alexandria, Patriarkat Katolik Yunani, Melkite Antiokhia, dan Alexandria Yerusalem

Dasar apostologi
Mesir diidentifikasi dalam Alkitab sebagai tempat berlindung Keluarga Kudus Yesus Kristus yang dicari Herodes disaat di .diperasingan “(Matius 2:12-23).
Gereja Mesir, saat ini menganggap bahwa dirinya sebagai subyek banyak nubuat dalam Perjanjian Lama. Yesaya, di Bab 19, Ayat 19 mengatakan “Pada hari itu akan ada mezbah bagi TUHAN di tengah-tengah tanah Mesir dan tugu bagi TUHAN di perbatasannya.”
Orang-orang Kristen pertama di Mesir adalah orang-orang yang berbicara dengan bahasa Mesir Koptik, ada juga Alexandria Yahudi seperti Theophilus, Santo Lukas Penginjil yang alamat dalam bab pendahuluan Injil-Nya. Ketika gereja didirikan oleh Saint Mark pada masa pemerintahan kaisar Romawi Nero, sejumlah besar orang Mesir asli (sebagai lawan Yunani atau orang Yahudi) memeluk Kristen.
Kristen tersebar di seluruh Mesir dalam setengah abad kedatangan Saint Mark di Alexandria, sebagaimana jelas dari tulisan-tulisan Perjanjian Baru ditemukan di Bahnasa, di Mesir Tengah, padal sekitar, tahun 200 masehi dan sebuah fragmen dari Injil Yohanes, ditulis dalam bahasa Koptik, yang ditemukan di Mesir Atas , pada paruh pertama abad ke-2. Pada abad ke-2, Kekristenan mulai menyebar ke daerah pedesaan, dan kitab suci yang diterjemahkan ke dalam bahasa lokal, yaitu Koptik.

Kristen koptik saat ini

Ada sekitar 20 juta umat Kristen Ortodoks Koptik di dunia. Antara 7 dan 10 juta di antaranya ditemukan di Mesir di bawah yurisdiksi Gereja Ortodoks Koptik Alexandria . Ada juga jumlah yang cukup signifikan di negara-negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Australia, Perancis, Jerman, dan Sudan. Jumlah orang Kristen Ortodoks Koptik di perkirakan adalah sekitar 4 juta. Selain itu, terdapat antara 350.000 dan 400.000 pengikut asli di Afrika Timur, Tengah dan Afrika Selatan.

Pada musim panas tahun 2001, Patriarkat Ortodoks Koptik dan Yunani Ortodoks dari Alexandria setuju untuk saling mengakui pembaptisan dilakukan di gereja masing-masing, Serta mengesahkan untk merayakan sakramen pernikahan. Sebelumnya, jika Ortodoks Koptik Ortodoks dan Yunani ingin menikah, pernikahan harus dilakukan dua kali, sekali di gereja masing-masing, agar bisa diakui oleh keduanya. Sekarang dapat dilakukan hanya dalam satu gereja dan diakui oleh keduanya.
Menurut Tradisi Kristen dan Hukum Kanonik, Gereja Ortodoks Koptik Alexandria hanya menahbiskan pria, dan jika mereka ingin menikah, mereka harus menikah sebelum mereka ditahbiskan. Dalam hal ini mereka mengikuti praktek yang sama seperti halnya Gereja Ortodoks Timur.
Secara tradisional, bahasa Koptik digunakan dalam pelayanan gereja, dan kitab suci ditulis dalam alfabet Koptik. Namun, karena Arabisasi Mesir, pelayanan di gereja-gereja mulai terjadi peningkatan penggunaan bahasa Arab, termsuk berkhotbah dilakukan sepenuhnya dalam bahasa Arab. Bahasa asli yang digunakan, dalam hubungannya dengan Koptik, selama layanan di luar Mesir.
Kristen koptik Ortodoks merayakan Natal pada 7 Januari (Kalender Gregorian), yang bertepatan dengan 25 Desember menurut kalender Julian. Gereja Ortodoks Koptik menggunakan Kalender Julian sebagai Kalender Ecclesiastical nya. Hal ini dikenal sebagai kalender Koptik atau Kalender Aleksandria. Kalender ini pada gilirannya didasarkan pada kalender Mesir Kuno. Gereja Kristen Koptik ortodok dianggap sebagai Gereja Calendrist Lama. Natal menurut kalender Koptik diadopsi sebagai hari libur nasional resmi di Mesir sejak tahun 2002.
Untuk tahun 2011, kehidupan umat kristen koptik di Mesir saat ini, berada pada masa masa suram setelah jatuh rezim Mubarak,karena ada kekuatiran bahwa peralihan kekuasaan di Mesir akan membuat umat kristen koptik akan makin termarjinalkan. Bagaimana tidak di masa rezim pemerintahan Mubarak saja yang dianggap sekuler, umat kristen koptik di mesir sudah banyak mengalami tekanan dan diskriminasi. Seperti pada umumnya kehidupan masyarakat kristen di timur tengah yang telah banyak mengalami pelecehan sosial, demikian pula umat kristen koptik di Mesir, padahal penganut kristen kotptik ini adalah merupakan penduduk asli Mesir sebelum terjadi Arabisasi di Mesir.(jm)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • PENGUNJUNG BLOG

    • 47,594 hits
  • Juli 2011
    S S R K J S M
    « Jun   Agu »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    25262728293031
  • share this blog

    Bookmark and Share
  • //
    wtslog('al190138','3','http',page_name,invisible,text_counter);


  • Klik tertinggi

  • garfield

    garfied
  • ball dog

    dog
  • SPIDERMAN DANCE

    lembut
  • mr. bean

  • Billtoon

    billtoon2
  • glitter

  • RSS Okezone

    • Zaha Siap Tebar Pesona Demi Lirikan Van Gaal Juli 31, 2014
      Era baru Manchester United bersama Louis Van Gaal, menjadi secercah harapan bagi pemain muda, Wilfried Zaha, untuk bisa membuktikan diri sebagai pemain yang layak untuk masuk dalam skuad utama di musim depan.
    • Jumat-Minggu Diprediksi Jadi Puncak Arus Balik di Jabar Juli 31, 2014
      Pihak kepolisian memprediksi puncak arus balik akan terjadi mulai besok, Jumat 1 Agustus hingga Minggu 3 Agustus 2014.
    • Mudik Pakai Motor, Penderita Artritis Harus Berhati-hati Juli 31, 2014
      Penderita artritis yang mudik Lebaran dengan mengendarai moda transportasi roda dua harus lebih peka mengatur jam istirahat selama perjalanan. Pasalnya, efek nyeri artritisnya bisa memicu terjadinya kecelakaan.
    • ICJR: Peradilan Anak Belum Ramah pada Anak Juli 31, 2014
      Peneliti Institute for Criminal Justice Reform (ICJR), Erasmus Napitupulu menilai peradilan anak selama ini tidak ramah terhadap anak.
    • Klub ISL Resmi Gaet Trezeguet Juli 31, 2014
      Bisa dipastikan, Indian Super League (ISL) musim depan akan diramaikan beberapa pemain yang pernah merasakan sukses di klub-klub Eropa. Yang terbaru, eks bintang Juventus asal Prancis, David Trezeguet, siap merasakan atmosfer persaingan sepakbola di benua Asia ini.
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.